Modus Data Tunggal dan Modus Data Berkelompok
hello adek-adek kembali lagi kita pada materi tentang modus. sebelumnya kita sudah membahas tentang materi rata-rata data tunggal, rata-rata gabungan, dan rata-rata berkelompok. nah sekarang kita akan membahas tentang modus data tunggal dan data berkelompok. untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel ini sampai selesai.
Modus Data Tunggal
apa itu Modus Data Tunggal...?
Modus sering kita dengar dalam kehidupan kita sehari-hari. Modus merupakan bagian dari pembelajaran matematika misalnya ketika guru ingin mengetahui berapa banyak siswa yang memperoleh nilai tertentu atau menentukan frekuensi terbanyak dari suatu data. modus matematika adalah perhitungan yang mulai diajarkan sejak sekolah dasar hingga ke jenjang sekolah menengah. Modus sangat penting untuk kita pelajari dalam pengolahan data. jadi modus data tunggal merupakan nilai yang sering muncul dalam suatu kelompok data tertentu. atau istilah lain Modus adalah suatu kelompok data dengan menggunakan nilai yang sering muncul dalam kelompok tersebut. Apabila dalam suatu kelompok data memiliki satu nilai modus disebut unimodal. Sedangkan, suatu data yang memiliki dua nilai modus disebut bimodal. untuk lebih jelasnya perhatikan beberapa contoh berikut:
Modus Data Berkelompok
apa itu Modus Data Berkelompok...?
Data berkelompok adalah data yang disajikan dalam bentuk kelas-kelas interval. materi diatas kita sudah mengupas bagaimana cara menentukan modus data tunggal. nah, sekarang kita akan membahas bagaimana cara menentukan nilai modus data berkelompok. modus data berkelompok dibentuk dengan dasar ditentukan nilai tengah kelas interfal yang memiliki frekuensi terbanyak.
rumus menghitung modus data berkelompok:
Modus = TB_{mo} + \left [ \frac{∆_1}{∆_1+∆_2 } \right].c
∆1 = frekuensi
kelas modus – frekuensi sebelum kelas modus
∆2 = frekuensi
kelas modus – frekuensi setelah kelas modus
c = interval kelas
TB_{mo} = Tepi bawah kelas modus
contoh soal 1perhatikan table dibawah ini:
Data
Frekuensi
1 - 5
4
6 - 10
15
11 - 15
7
16 - 20
3
21 - 25
1
Tentukanlah nilai modus...
A. 17,5
B. 18,6
C. 19,6
D. 10,89
E. 8,39
Jawab:
Table data diatas terdiri dari 5 kelas. Kelas I adalah
1 – 5, kelas II adalah 6 – 10, kelas III adalah 11 – 15, kelas IV adalah 16 – 20, dan kelas V adalah 21
– 25.
Frekuensi terbesar adalah 15. Dengan demikian Fmo
= 15.
Maka:
Frekuensi kelas modus = 15
∆1 = 15 – 4 = 11
∆2 = 15 – 7 = 8
c = 10,5 – 5,5 = 5
Kelas modus adalak kelas ke-II; TBmo = 6 - 0,5 = 5,5
Modus = TBmo + \left [ \frac{∆_1}{∆_1+∆_2 }
\right].c
Modus = 5,5 + \left [ \frac{11}{11 +8} \right].5
Modus = 5,5 + \left [ \frac{55}{19} \right]
Modus = 5,5 + 2,89
Modus = 8,39
perhatikan table dibawah ini:
Data |
Frekuensi |
1 - 5 |
4 |
6 - 10 |
15 |
11 - 15 |
7 |
16 - 20 |
3 |
21 - 25 |
1 |
Tentukanlah nilai modus...
A. 17,5
B. 18,6
C. 19,6
D. 10,89
E. 8,39
Jawab:
Table data diatas terdiri dari 5 kelas. Kelas I adalah
1 – 5, kelas II adalah 6 – 10, kelas III adalah 11 – 15, kelas IV adalah 16 – 20, dan kelas V adalah 21
– 25.
Frekuensi terbesar adalah 15. Dengan demikian Fmo
= 15.
Maka:
Frekuensi kelas modus = 15
∆1 = 15 – 4 = 11
∆2 = 15 – 7 = 8
c = 10,5 – 5,5 = 5
Kelas modus adalak kelas ke-II; TBmo = 6 - 0,5 = 5,5
Modus = TBmo + \left [ \frac{∆_1}{∆_1+∆_2 }
\right].c
Modus = 5,5 + \left [ \frac{11}{11 +8} \right].5
Modus = 5,5 + \left [ \frac{55}{19} \right]
Modus = 5,5 + 2,89
Modus = 8,39
distribusi nilai ulangan matematika di kelas IX-A:
Nilai |
Frekuensi |
50 - 54 |
2 |
55 - 59 |
4 |
60 - 64 |
8 |
65 - 69 |
16 |
70 - 74 |
10 |
75 - 79 |
2 |
Tentukanlah nilai modus...
A. 17,5
B. 18, 6
C. 19,6
D. 17, 20
E. 20,55
Jawab:
Table data diatas terdiri dari 6 kelas. Kelas I adalah
50 - 54, kelas II adalah 55 - 59, kelas III adalah 60 - 64, kelas IV adalah 65 - 69, kelas V adalah 70 –
74, dan kels VI adalah 75 – 79.
Frekuensi terbesar adalah 16. Dengan demikian Fmo
= 16.
Maka:
Frekuensi kelas modus = 16
∆1 = 16 – 8 = 8
∆2 = 16 - 10 = 6
c = 69,5 – 64,5 = 5
Kelas modus adalak kelas ke-II; TBmo = 65 - 0,5 = 64,5
Modus
= TBmo + \left [ \frac{∆_1}{∆_1+∆_2 } \right].c
Modus
= 64,5 + \left [ \frac{8}{6 +8} \right].5
Modus
= 64,5 + \left [ \frac{40}{14} \right]
Modus
= 64,5 + 2,85
Modus = 67,35
contoh soal 3
Perhatikan table berikut!
Nilai
Frekuensi
40 - 45
5
46 - 51
7
52 - 57
9
58 - 63
12
64 - 69
7
Tentukanlah nilai modus...
A. 19,75
B. 29,75
C. 39,75
D. 49,75
E. 59,75
Jawab:
Table data diatas terdiri dari 5 kelas. Kelas I adalah
40 - 45, kelas II adalah 46 - 51, kelas III adalah 52 - 57, kelas IV adalah 58 - 63, dan V adalah 64 – 69.
Frekuensi terbesar adalah 12. Dengan demikian Fmo
= 12.
Maka:
Frekuensi kelas modus = 12
∆1 = 12 – 9 = 3
∆2 = 12 - 7 = 5
c = 58,5 – 52,5 = 6
Kelas modus adalak kelas ke-VI; TBmo =
58 – 0,5 = 57,5
Modus
= TBmo + \left [ \frac{∆_1}{∆_1+∆_2 } \right].c
Modus
= 57,5 + \left [ \frac{3}{3 +5} \right].6
Modus
= 57,5 + \left [ \frac{18}{8} \right]
Modus
= 57,5 + 2,25
Modus = 59,75
contoh soal 3
Perhatikan table berikut!
Nilai |
Frekuensi |
40 - 45 |
5 |
46 - 51 |
7 |
52 - 57 |
9 |
58 - 63 |
12 |
64 - 69 |
7 |
Tentukanlah nilai modus...
A. 19,75
B. 29,75
C. 39,75
D. 49,75
E. 59,75
Jawab:
Table data diatas terdiri dari 5 kelas. Kelas I adalah
40 - 45, kelas II adalah 46 - 51, kelas III adalah 52 - 57, kelas IV adalah 58 - 63, dan V adalah 64 – 69.
Frekuensi terbesar adalah 12. Dengan demikian Fmo
= 12.
Maka:
Frekuensi kelas modus = 12
∆1 = 12 – 9 = 3
∆2 = 12 - 7 = 5
c = 58,5 – 52,5 = 6
Kelas modus adalak kelas ke-VI; TBmo =
58 – 0,5 = 57,5
Modus
= TBmo + \left [ \frac{∆_1}{∆_1+∆_2 } \right].c
Modus
= 57,5 + \left [ \frac{3}{3 +5} \right].6
Modus
= 57,5 + \left [ \frac{18}{8} \right]
Modus
= 57,5 + 2,25
Modus = 59,75
contoh soal 4
perhatikan histogram dibawah ini:
nilai modus pada gambar adalah ...
A. 13,05
B. 13,50
C. 13,75
D. 14,05
E. 14,25
jawab:
Frekuensi terbesar adalah 14. Dengan demikian Fmo
= 14.
Maka:
Frekuensi kelas modus = 14
∆1 = 14 – 8= 6
∆2 = 14 - 12 = 2
c = 15,5 – 10,5 = 5
Kelas modus adalak kelas ke-III; TBmo =
10,5
Modus
= TBmo + \left [ \frac{∆_1}{∆_1+∆_2 } \right].c
Modus
= 10,5 + \left [ \frac{6}{6 +2} \right].5
Modus
= 10,5 + \left [ \frac{30}{8} \right]
Modus
= 10,5 + 3,75
Modus = 14,25
contoh soal 4
perhatikan histogram dibawah ini:
nilai modus pada gambar adalah ...
A. 13,05
B. 13,50
C. 13,75
D. 14,05
E. 14,25
jawab:
Frekuensi terbesar adalah 14. Dengan demikian Fmo
= 14.
Maka:
Frekuensi kelas modus = 14
∆1 = 14 – 8= 6
∆2 = 14 - 12 = 2
c = 15,5 – 10,5 = 5
Kelas modus adalak kelas ke-III; TBmo =
10,5
Modus
= TBmo + \left [ \frac{∆_1}{∆_1+∆_2 } \right].c
Modus
= 10,5 + \left [ \frac{6}{6 +2} \right].5
Modus
= 10,5 + \left [ \frac{30}{8} \right]
Modus
= 10,5 + 3,75
Modus = 14,25
contoh soal 5
perhatikan histogram dibawah ini:
nilai modus pada gambar adalah ...
A. 25,0
B. 25,5
C. 26,0
D. 26,5
E. 27,0
jawab:
Frekuensi terbesar adalah 10. Dengan demikian Fmo
= 10.
Maka:
Frekuensi kelas modus = 10
∆1 = 10 – 4 = 6
∆2 = 10 - 6 = 4
c = 28,5 – 23,5 = 5
Kelas modus adalak kelas ke-III; TBmo =
23,5
Modus
= TBmo + \left [ \frac{∆_1}{∆_1+∆_2 } \right].c
Modus
= 23,5 + \left [ \frac{6}{6 + 4} \right].5
Modus
= 23,5 + \left [ \frac{30}{10} \right]
Modus
= 23,5 + 3
Modus = 26,5
contoh soal 5
perhatikan histogram dibawah ini:
nilai modus pada gambar adalah ...
A. 25,0
B. 25,5
C. 26,0
D. 26,5
E. 27,0
jawab:
Frekuensi terbesar adalah 10. Dengan demikian Fmo
= 10.
Maka:
Frekuensi kelas modus = 10
∆1 = 10 – 4 = 6
∆2 = 10 - 6 = 4
c = 28,5 – 23,5 = 5
Kelas modus adalak kelas ke-III; TBmo =
23,5
Modus
= TBmo + \left [ \frac{∆_1}{∆_1+∆_2 } \right].c
Modus
= 23,5 + \left [ \frac{6}{6 + 4} \right].5
Modus
= 23,5 + \left [ \frac{30}{10} \right]
Modus
= 23,5 + 3
Modus = 26,5
Post a Comment for "Modus Data Tunggal dan Modus Data Berkelompok"