Median Data Tunggal dan Median Data Berkelompok
hello adek-adek kembali lagi kita pada materi tentang median. sebelumnya kita sudah membahas tentang materi rata-rata data tunggal, rata-rata gabungan, dan rata-rata berkelompok. nah sekarang kita akan membahas tentang median data tunggal dan median data berkelompok. untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel ini sampai selesai.
Median Data Tunggal
apa itu Median Data Tunggal...?
materi tentang median tentu tidak asing lagi kita pelajari, median merupakan bagian dari pembelajaran matematika yang memiliki manfaat penting bagi kemajuan peradaban manusia. Di mana matematika sudah mulai dikembangkan dari zaman kuno hingga zaman modren sekarang. Pada zaman dulu matematika dipelajari, dikembangkan, dan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari seperti masalah perdagangan, pengukuran tanah, pelukisan, konstruksi, dan astronomi. Sampai sekarang pun matematika masih digunakan, baik untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan atau membantu dalam mengembangkan disiplin ilmu lain.
Median menjadi salah satu materi dasar matematika yang sudah mulai diajarkan sejak sekolah dasar hingga keperguruan tinggi. Bersamaan dengan mean, modus maka median merupakan bagian penting dalam ilmu statistika. median memiliki penerapan dalam kehidupan kita sehari-hari misalnya kita ingin membentuk kelompok tarik tambang sekelompok siswa untuk membagi sekelompok siswa menjadi dua kelompok. Namun, kita tidak tahun bagaimana cara kita membentuk kelompok tersebut menjadi dua bagian sehingga kita bisa memanfaatkan materi tentang median Untuk melaksanakannya, kita harus terlebih dahulu memutuskan faktor yang sesuai dengan pengelompokan yang kita inginkan.
jadi, median adalah nilai tengah setelah data diurutkan. Median adalah suatu nilai yang membagi data menjadi dua bagian yang sama banyaknya setelah data tersebut diurutkan dari yang terkecil sampai yang terbesar. secara umum cara menentukan median ada dua cara yaitu data ganjil dan data genap
rumus median data ganjil (setelah diurutkan data dari terkecil ke yang terbesar):
Median = X_{(n+1)/2}
keterangan:
n = banyaknya data
rumus median data genap (setelah diurutkan data dari terkecil ke yang terbesar):
Median =\frac{X_{(n/2)}+X_{(n/2)+1}}{2}
keterangan:
n = banyaknya data
untuk lebih jelasnya perhatikan beberapa contoh berikut:
distribusi nilai ujian semester matematika di kelas XI-A:
Nilai (xi) |
Frekuensi (fi) |
5 |
4 |
6 |
5 |
7 |
5 |
8 |
8 |
9 |
2 |
10 |
1 |
jumlah |
25 |
Tentukanlah nilai median...
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
E. 9
distribusi nilai ujian akhir Bahasa Indonesia di kelas
VII:
Nilai (xi) |
Frekuensi (fi) |
5 |
3 |
6 |
5 |
7 |
8 |
8 |
8 |
9 |
5 |
10 |
3 |
jumlah |
32 |
Tentukanlah nilai median...
A. 5,5
B. 6,5
C. 7,5
D. 8,5
E. 9
Median Data Berkelompok
apa itu Median Data Berkelompok...?
Data berkelompok adalah data yang disajikan dalam bentuk kelas-kelas interval. materi diatas kita sudah membahas tentang cara menentukan median data tunggal. nah, sekarang kita akan membahas bagaimana cara menentukan nilai median data berkelompok. untuk menentukan median data berkelompok hampir sama dengan cara menentukan quartil ke-2 pada data berkelompok. tentu saya tidak mengulas lagi tentang pengertian median sebagaimana telah diuraikan diatas. secara umum dasar untuk menentukan median adalah untuk menentukan letak data setelah data itu disusun menurut urutan nilainya. dengan arti lain kalau median sama dengan Me, maka 50% data harga-harganya sama dengan Me sedangkan 50% lagi harga-harganya paling rendah sama dengan Me.
rumus menghitung Median data berkelompok:
Median = TB_{me} + \left [ \frac{N/2- \sum f_{Me}}{f_{me}} \right].c
TB_{me} = tepi kelas bawah median
N = banyaknya data atau jumlah frekuensi
\sum f_{Me} = jumlah frekuensi sebelum kelas median
f_{Me} = frekuensi kelas median
c = interval kelas
contoh soal 1perhatikan table dibawah ini:
Data
Frekuensi
1 - 5
3
6 - 10
2
11 - 15
7
16 - 20
8
21 - 25
4
Tentukanlah nilai median...
A. 15,5
B. 16,6
C. 17,6
D. 10,89
E. 81,39
Jawab:
Table data diatas terdiri dari 5 kelas. Kelas I adalah 1 – 5, kelas II adalah 6 – 10, kelas III adalah 11 – 15, kelas IV adalah 16 – 20, dan kelas V adalah 21 – 25.
N = 24 → N/2 = 24/2 = 12.
perhatikan jumlah frekuensi dari kelas pertama ke kelas berikutnya.
3 < 12, 3 + 2 < 12, 3 + 2 + 7 = 12. sehingga untuk menentukan frekuensi kelas median fme dengan cara menjumlahkan nilai frekuensi dibawah 12. maka:
fme = 7
\sum f_{Me} = 3 + 2 = 5. kelas median berada pada kelas-3
TB_{me} = 11 - 0,5 = 10,5
c = 11,5 - 6,5 = 5
Median = TB_{me} + \left [ \frac{N/2- \sum f_{Me}}{f_{me}} \right].c
Median = 10,5 + \left [ \frac{12 - 5}{7} \right].5
Median = 10,5 + \left [ \frac{7}{7} \right].5
Median = 10,5 + 5
Median = 15,5
perhatikan table dibawah ini:
Data | Frekuensi |
1 - 5 | 3 |
6 - 10 | 2 |
11 - 15 | 7 |
16 - 20 | 8 |
21 - 25 | 4 |
Tentukanlah nilai median...
A. 15,5
B. 16,6
C. 17,6
D. 10,89
E. 81,39
Jawab:
Table data diatas terdiri dari 5 kelas. Kelas I adalah 1 – 5, kelas II adalah 6 – 10, kelas III adalah 11 – 15, kelas IV adalah 16 – 20, dan kelas V adalah 21 – 25.
N = 24 → N/2 = 24/2 = 12.
perhatikan jumlah frekuensi dari kelas pertama ke kelas berikutnya.
3 < 12, 3 + 2 < 12, 3 + 2 + 7 = 12. sehingga untuk menentukan frekuensi kelas median fme dengan cara menjumlahkan nilai frekuensi dibawah 12. maka:
fme = 7
\sum f_{Me} = 3 + 2 = 5. kelas median berada pada kelas-3
TB_{me} = 11 - 0,5 = 10,5
c = 11,5 - 6,5 = 5
Median = TB_{me} + \left [ \frac{N/2- \sum f_{Me}}{f_{me}} \right].c
Median = 10,5 + \left [ \frac{12 - 5}{7} \right].5
Median = 10,5 + \left [ \frac{7}{7} \right].5
Median = 10,5 + 5
Median = 15,5
perhatikan tebel dibawah ini:
Nilai Ujian |
Frekuensi |
31 – 40 |
1 |
41 – 50 |
2 |
51 – 60 |
5 |
61 – 70 |
15 |
71 – 80 |
25 |
81 – 90 |
20 |
91 - 100 |
12 |
jumlah |
80 |
Tentukanlah nilai median...
A. 37,5
B. 28, 6
C. 79,6
D. 57, 20
E. 77,3
Jawab:
N = 80 → N/2 = 80/2 = 4
perhatikan jumlah frekuensi dari kelas pertama ke kelas berikutnya.
1 < 40, 1+ 2 < 40, 1+2+5< 40, 1+2+5+15< 40 sehingga untuk menentukan frekuensi kelas median fme dengan cara menjumlahkan nilai frekuensi dibawah 40. maka:
fme = 25 (ket: nilai frekuensi diambil pada 25 karena ketika dijumlahkan nilai-nilai frekuensi sebelumnya akan mencapai nilai dari 40 atau lebih)
\sum f_{Me} = 1+2+5+15 = 23. kelas median berada pada kelas-5
TB_{me} = 71 - 0,5 = 70,5
c = 71,5 - 61,5 = 10
Median = TB_{me} + \left [ \frac{N/2- \sum f_{Me}}{f_{me}} \right].c
Median = 70,5 + \left [ \frac{40 - 23}{25} \right].10
Median = 70,5 + \left [ \frac{17}{25} \right].10
Median = 70,5 + \left [ \frac{170}{25} \right]
Median = 70,5 + 6,8
Median = 77,3
contoh soal 3
Perhatikan table berikut!
Nilai Ujian
Frekuensi
20 – 24
2
25 – 29
8
30 – 34
10
35 – 39
16
40 – 44
12
45 – 49
8
50 - 54
4
jumlah
60
Median dari data yang disajikan adalah …
A. 32
B. 37,625
C. 38,25
D. 43,25
E. 44,50
Jawab:
N = 60 → N/2 = 60/2 = 30
perhatikan jumlah frekuensi dari kelas pertama ke kelas berikutnya.
2 < 30, 2+8 < 30, 2+8+10< 30 sehingga untuk menentukan frekuensi kelas median fme dengan cara menjumlahkan nilai frekuensi dibawah 30. maka:
fme = 16 (ket: nilai frekuensi diambil 16 karena ketika dijumlahkan nilai-nilai frekuensi sebelumnya akan mencapai nilai dari 30 atau lebih)
\sum f_{Me} = 2+8+10 = 20. kelas median berada pada kelas-4
TB_{me} = 35 - 0,5 = 34,5
c = 35,5 - 30,5 = 5
Median = TB_{me} + \left [ \frac{N/2- \sum f_{Me}}{f_{me}} \right].c
Median = 34,5+ \left [ \frac{30 - 20}{16} \right].5
Median = 34,5 + \left [ \frac{10}{16} \right].5
Median = 734,5 + \left [ \frac{50}{16} \right]
Median = 34,5 + 3,125
Median =37,625
Penutup
Demikian penjelasan tentang Median Data Tunggal dan Median Data Berkelompok, Median Data Tunggal dan Median Data Berkelompok merupakan bagian dari aljabar matematika mulai dari pengertian, unsur, hingga operasi hitungnya. materi invers matriks ini penting untuk dipelajari terutama bagi siswa yang bercita-cita ingin menekuni bidang eksat atau keperguruan tinggi karena akan ada banyak materi yang menerapkan aljabar.
contoh soal 3
Perhatikan table berikut!
Nilai Ujian |
Frekuensi |
20 – 24 |
2 |
25 – 29 |
8 |
30 – 34 |
10 |
35 – 39 |
16 |
40 – 44 |
12 |
45 – 49 |
8 |
50 - 54 |
4 |
jumlah |
60 |
Median dari data yang disajikan adalah …
A. 32
B. 37,625
C. 38,25
D. 43,25
E. 44,50
Jawab:
N = 60 → N/2 = 60/2 = 30
perhatikan jumlah frekuensi dari kelas pertama ke kelas berikutnya.
2 < 30, 2+8 < 30, 2+8+10< 30 sehingga untuk menentukan frekuensi kelas median fme dengan cara menjumlahkan nilai frekuensi dibawah 30. maka:
fme = 16 (ket: nilai frekuensi diambil 16 karena ketika dijumlahkan nilai-nilai frekuensi sebelumnya akan mencapai nilai dari 30 atau lebih)
\sum f_{Me} = 2+8+10 = 20. kelas median berada pada kelas-4
TB_{me} = 35 - 0,5 = 34,5
c = 35,5 - 30,5 = 5
Median = TB_{me} + \left [ \frac{N/2- \sum f_{Me}}{f_{me}} \right].c
Median = 34,5+ \left [ \frac{30 - 20}{16} \right].5
Median = 34,5 + \left [ \frac{10}{16} \right].5
Median = 734,5 + \left [ \frac{50}{16} \right]
Median = 34,5 + 3,125
Median =37,625
Penutup
Demikian penjelasan tentang Median Data Tunggal dan Median Data Berkelompok, Median Data Tunggal dan Median Data Berkelompok merupakan bagian dari aljabar matematika mulai dari pengertian, unsur, hingga operasi hitungnya. materi invers matriks ini penting untuk dipelajari terutama bagi siswa yang bercita-cita ingin menekuni bidang eksat atau keperguruan tinggi karena akan ada banyak materi yang menerapkan aljabar.
Post a Comment for "Median Data Tunggal dan Median Data Berkelompok"