Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) CPNS

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) digunakan untuk mengukur karakter keseharian peserta Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang berkaitan dengan kultur lingkungan kerja kepegawaian PNS dalam pelayanan publik di berbagai lini pemerintahan seperti kementerian, lembaga nasional, maupun pemerintah daerah tingkat I dan II. Ada beberapa aspek karakteristik pribadi yang diuji di TKP, seperti integritas diri, kejujuran, tanggung jawab, kemampuan untuk beradaptasi, pengendalian diri, semangat untuk terus berprestasi, tingkat inisiatif, daya kreativitas dan inovasi, ketekunan, penghargaan terhadap orang lain atau berorientasi pada pelayanan, ketegasan, kepercayaan diri, mampu bertoleransi, memiliki kepedulian terhadap lingkungan, dan senantiasa efisien dalam bekerja. 

A. Aspek lntegritas Diri 

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) pada aspek integritasdiri bertujuan untukmengukur tingkat kebaikan atau ketulusan hati seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Tes bagian ini dapat dijadikan acuan kesesuaian antara tingkah laku peserta terhadap perkataan dan perbuatan yang dilakukan. Biasanya kualitas kepribadian seseorang sebanding dengan integritas dirinya. lndikasinya adalah seseorang yang baik atau tulus maka memiliki keberanian dalam mengatakan kebenaran, dapat membedakan dengan pasti hal yang benar dan salah, berani memperjuangkan kebaikan dan kebenaran, tidak takut terhadap risiko apa pun yang menimpa atas tindakan membela atau mempertahankan kebenaran, meskipun risiko yang ditanggung bisa saja dapat mengancam kelangsungan kariernya Pada era yang kompleks seperti saat ini, sangat jarang didapati orang yang memiliki integritas tinggi. Jadi, tidak mengherankan apabila orang tersebut layak menjadi pemimpin dengan tanggung jawab besar seperti mengatur urusan-urusan penting yang menyangkut kepentingan rakyat banyak.

TIPS:

- Jadilah pribadi yang berintegritas (jujur, tegas, dan disiplin).
- Pahamilah bahwa semakin tinggi integritas yang dimiliki

B. Aspek Kejujuran 

Pada tes TKP CPNS, aspek kejujuran digunakan untuk mengukur tingkat kejujuran sesuai norma agama yang dianut. Hal ini terindikasi dari: ketulusan hati Anda dalam perbuatan, selalu berkata yang benar, tidak melakukan kecurangan, baik itu yang besar maupun yang kecil. Contoh kecurangan-kecurangan kecil seperti mencurangi waktu kerja dan mencurangi penggunaan fasilitas kantor. Sementara contoh kecurangan-kecurangan besar seperti korupsi, suap-menyuap, rekayasa kasus, menjual aset negara, mark-up nilai proyek, pemufakatan jahatan, dan lain-lain.

TIPS:

- lkuti gerakan pemerintah: Berani jujur itu hebat! Biasakan berbuat jujur, karena hidup Anda akan lebih tenang.
- Pahamilah jika Anda mulai tergoda melakukan kecurangan-kecurangan kecil, sering kali karena terbiasa maka muncul dorongan melakukan kecurangan-kecurangan besar.
- Kejujuran sangatlah penting, karena setiap tindakan pasti akan diminta pertanggungjawabannya baik selagi masih di dunia atau nanti jika sudah di akhirat.

C. Aspek Kemampuan Bekerja Mandiri dan Tuntas

Tanggung Jawab Kemampuan bekerja mandiri sampai tuntas merupakan bentuk tanggung jawab. Oleh karena itu, di tes TKP CPNS juga diuji aspek tanggung jawabnya dengan tujuan mengukur tingkat kedewasaan seseorang dalam mempertanggungjawabkan dari apa yang telah dilakukannya. lndikasi hal tersebut adalah mampu menanggung risiko dari tindakan yang telah diperbuat, baik selaku tindakan pribadi atau tindakan yang dilakukan oleh anggota tim yang berada di bawah wewenangnya. Tanggung jawab ini merupakan karakter yang harus dimiliki oleh setiap pegawai, terutama pegawai yang bekerja di lingkungan publik, karena setiap tindakannya memiliki dampak bagi orang banyak, misalnya bagi karyawan lainnya, bagi perusahaan/instansi tempat bekerja, atau bagi orang yang membutuhkan jasa/pelayanan Anda.

TIPS:

Berusaha sebaik-baiknya, teliti dan hati-hati dalam setiap tindakan. Selalu berpikir positif. Tidak pernah takut gagal. Mempertimbangkan dengan matang tindakan yang akan diambil. Usaha keras, kerja cerdas dan yakin akan hasil yang baik meski Tuhan yang menentukan. Pahamilah bahwa setiap tindakan pasti dimintai pertanggungjawabannya.

D. Aspek Kemampuan Beradaptasi 

Aspek kemampuan beradaptasi juga diuji dalam tes TKP CPNS karena memiliki tujuan untuk mengukur tingkat kedewasaan Anda dalam menyesuaikan diri. lndikasinya adalah mampu beradaptasi dengan segala bentuk penyesuaian diri, seperti beradaptasi dengan lingkungan yang baru, suasana baru, rekan kerja baru, atasan baru, peraturan baru, dan hal lainnya yang berbeda dari yang biasa dialami; menyukai perubahan sehingga tidak takut lagi dengan perubahan; menjadi pribadi yang selalu berpikiran maju; mau belajar hal-hal yang baru. Kemampuan beradaptasi seseorang sangatlah beragam. Oleh karena itu, beberapa tips berikut bisa dicoba dalam rangka melatih kemampuan beradaptasi Anda.

TIPS:

- Pahamilah bahwa segala sesuatu cepat atau lambat pasti akan mengalami perubahan.
- Berkompromilah dengan perubahan yang ada dalam hal kebaikan.
- Biasakanlah untuk selalu dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.
- Berlatihlah untuk senantiasa memperbaiki diri agar selalu lebih baik.
- Berlatihlah untuk senantiasa memperbaiki diri agar selalu lebih baik.
- Amatilah perubahan-perubahan di sekitar lingkungan Anda untuk mengoptimalkan prestasi.

E. Aspek Kemampuan Pengendalian Diri 

Ketika seseorang menghadapi situasi tertentu, apalagi situasi yang tidak disukai maka cenderung emosinya akan muncul. Pada kondisi itu, orang tersebut sedang diuji aspek pengendalian diri. Oleh karena itu pada tes TKP CPNS, aspek pengendalian diri juga diujikan dengan tujuan untuk mengukur tingkat kedewasaan seseorang daam mengontrol emosinya ketika menghadapi situasi tertentu yang tidak disukainya. Sikap seseorang yang memiliki kemampuan pengendalian diri terindikasi dari: * berpikiran terbuka; * kedewasaan dalam bersikap; * senang berinteraksi, dan memiliki interaksi sosial yang baik; * mampu berkomunikasi dengan baik * memiliki second opinion atau pilihan cadangan agar terhindar dari sikap emosi yang merusak. Setiap orang pastinya akan bertambah tua, namun tidak setiap orang mampu bertambah dewasa. Tidak bisa dimungkiri, aspek pengendalian diri merupakan salah satu inti kedewasaan seseorang.

TIPS:

- Apabila Anda ingin meluapkan emosi, maka pilihlah kegiatan positif yang mampu menyalurkan emosi Anda contohnya olahraga.
- Beberapa metode pengendalian diri yang dapat dilakukan adalah puasa, yoga, atau meditasi.
- Anjuran berpuasa dapat diikuti oleh semua agama, karena dapat diambil manfaatnya dari segi kesehatan seperti men-stabilkan gula darah.
- Dari sigi psikis, puasa di kenal mampu mendidik agar jadi lebih sabar, lebih tahan banting terhadap masalah, dan lebih kuat mengendalikan amarah serta hawa nafsu yang merusak.
- Yoga atau meditasi dikenal mampu melatih ketenangan batin, dan berpikir jernih.
- Pahamilah bahwa saat Anda menghadapi cobaan, maka kesabaran adalah kunci suksesnya.

F. Aspek Semangat Berprestasi 

Tidak setiap pegawai memiliki semangat untuk terus berprestasi. Sebagian besar hanya berkeinginan bekerja sesuai standar. Menjadi seorang CPNS diperlukan sifat yang haus akan prestasi sehingga dalam tes TKP CPNS terdapat soal yang mengujikan tentang aspek semangat berprestasi. Hal ini bertujuan untuk mengukur tingkat motivasi serta kekuatan tekad seseorang dalam melaksanakan tugasnya dengan baik dan meraih target-target tertentu. Pencapaian target yang diharapkan tentunya hasil yang signifikan kenaikannya dan penting. CPNS yang memiliki karakter demikian, biasanya terindikasi: * akan meraih kesuksesan karier yang gemilang; * hampir selalu mendapatkan promosi kenaikan jabatan dari atasan atas kinerjanya; * mendapatkan kenaikan jabatan dengan cepat karena prestasinya; gemar belajar hal-hal yang baru; * pikirannya terbuka.

TIPS:

- Selalu berpikir positif. Berusahalah untuk menjadi yang terbaik.
- Minimal apabila tidak tercapai, Anda sudah memiliki niat menjadi baik. Setelah itu, tetap menjaga kualitas kerja.
- Jauhkan pikiran dari keinginan untuk memperoleh promosi dengan cara-cara yang tidak baik karena hal itu akan mematikan daya inovasi, pikiran, dan semangat berprestasi Anda.
- Masuk dalam kumpulan orang-orang baik karena akan terbiasa dengan kultur yang baik pula.
- Bergaul dengan orang yang selalu punya semangat untuk mendapatkan prestasi.

G. Aspek lnisiatif Perubahan terjadi atas tindakan

Tindakan diperoleh dari inisiatif diri. lnisiatif ini erat kaitannya dengan kreativitas kerja, namun keduanya memiliki perbedaan. lnisiatif adalah tentang idenya, sedangkan kreativitas adalah tentang pelaksanaan atau penerapan dari ide tersebut. baik. Oleh karena itu, setiap CPNS memerlukan aspek inisiatif. Aspek inisiatif juga diujikan pada tes TKP CPNS dengan tujuan untuk mengukur tingkat kedewasaan dalam mencetuskan suatu ide tertentu yang berguna bagi khalayak, seperti masyarakat, organisasi, atau instansi baik milik pemerintah atau swasta.

TIPS:

- Buka pikiran Anda. Perbanyak wawasan. Berlatihlah berpikir cepat, detail, logis, dan terstruktur. Jadilah pendengar yang baik. Jadilah yang pertama memberikan ide-ide segar dalam pekerjaan. Jadilah pribadi yang aktif, jangan hanya diam atau hanya menunggu perintah atasan saja.

H. Aspek Kreativitas Kerja dan lnovasi 

Aspek kreativitas kerja dan inovasi bertujuan untuk mengukur apakah Anda memiliki kreativitas atau daya cipta untuk membuat sesuatu yang baru/inovasi. lnovasi dapat berupa benda secara fisik, cara melakukan, sistem yang akan digunakan, ataupun hal lainnya.

TIPS:

- Seseorang yang membuat inovasi akan terindikasi bahwa inovasi yang ditemukan memiliki:
- Sifat keterbaruan, Keterbaruan yang dimaksud adalah tidak bersifat sama dengan inovasi yang sudah ada (tidak plagiat).
- Sifat optimal Misalnya: hasil yang dicapai lebih cepat pencapaiannya, lebih hemat sumber daya, dan sebagainya. Kelebihan tertentu jika dibandingkan dengan yang lama Misalnya: sistem yang ditemukan lebih baik daripada sistem yang sedang digunakan saat ini, ataupun kelebihan lain yang signifikan. Kreativitas kerja dan inovasi dalam jangka panjang dan kontinu mampu membawa perubahan yang mengarah ke keadaan yang lebih baik.

I. Aspek Ketekunan Rutinitas 

pekerjaan PNS dalam melayani publik sangatlah banyak. Tentunya diperlukan sifat tekun dalam diri PNS sehingga tidak mengherankan apabila tes CPNS terutama dalam tes TKP terdapat soal yang menguji aspek ketekunan. Hal ini bertujuan untuk mengukurtingkat ketekunan seseorang. lndikasinya adalah mempunyai performa kerja yang kontinu (terus-menerus) dan berkesinambungan; mampu mengerjakan tugas-tugas rutinnya dengan baik tanpa bosan; tetap menjaga kualitas pekerjaan; tidak terlalu sering ganti-ganti pekerjaan dalam waktu yang relatif dekat, apalagi saat ganti pekerjaan ternyata hasil dari pekerjaan sebelumnya tidak terlalu bagus kualitasnya. Memiliki karakter tekun ini sangatlah penting bagi Anda karena tugas rutin Anda harus dikerjakan dengan baik untuk mendukung tercapainya tujuan dari instansi tempat Anda bekerja.

TIPS:

- Pahamilah bahwa bekerja adalah ibadah.
- lkhlas menerima pekerjaan yang sudah pekerjaan dengan suasana hati yang riang. Sesekali bisa diselingi dengan mendengarkan musik yang bisa membangkitkan semangat kerja, asalkan tetap fokus pada pekerjaannya. Cobalah untuk berusaha mengerjakan suatu pekerjaan dengan rajin.

J. Aspek Orientasi pada Pelayanan 

PNS sudah tentu harus siap dengan pekerjaan yang bersifat pelayanan. Hal itu merupakan suatu bentuk pengabdian bagi negara karena melayani masyarakat. Aspek orientasi pada pelayanan yang diujikan di tes TKP CPNS, bertujuan untuk mengukur kesiapan dan kesigapan pada tugas pelayanan yang diberikan. Seseorang yang berorientasi pada pelayanan akan terindikasi dari: selalu mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi; senang melayani terutama untuk kepentingan orang banyak.

TIPS:

- Biasakan untuk tidak menunda-nunda pekerjaan.
- Melatih diri untuk disiplin. Menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan skala prioritas.
- Mempergunakan waktu secara optimal, terutama saat jam kerja.
- Manfaatkan waktu luang dengan hal-hal yang positif dan produktif.

K. Aspek Menghargai Orang Lain 

Aspek menghargai orang lain pada tes TKP CPNS bertujuan untuk mengukur tingkat kedewasaan Anda dalam menghargai orang lain. lndikasinya adalah menerapkan beberapa penghargaan, yaitu menghargai baik itu berupa pendapat, eksistensi, maupun kapasitas, sebagai entitas yang ada di luar diri Anda. Menghargai orang lain sangatlah penting dalam karier dan kehidupan, sebab pada dasarnya, setiap orang ingin dihormati dan dihargai sebagaimana mestinya,siapa pundia,apa puntugasnya, dan bagaimanapun pendapatnya dalam memandang sesuatu. Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial yaitu hidup di dunia dan butuh pertolongan dari orang lain. Oleh karena itu, manusia diciptakan untuk saling menolong. Meskipun manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna, setiap orang pasti mempunyai kelemahan dan kekurangan. Tujuan saling menolong untuk menciptakan keharmonisan satu sama lain.

TIPS:

- Pahamilah bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
- Hargailah orang lain dengan tulus tanpa pamrih.
- Tidak ada manusia yang sempurna, jadi sadarilah bahwa Anda pun memiliki banyak kekurangan. Terhadap kekurangan orang lain, janganlah selalu dicari kesalahannya.
- Pikirkanlah bahwa orang tersebut pasti juaga punya kelebihan. Menghargai dan menghormati orang lain bukannlah hal yang merendahkan diri sendiri, melainkan justru membuat Anda menjadi orang terhormat. Berikanlah penghargaan atau pujian secara proporsional kepada orang lain yang berprestasi.

I. Aspek Ketegasan 

Aspek ketegasan bertujuan untuk mengukur seberapa kuatkah pendirian Anda dalam membuat keputusankeputusan yang sangat sulit dan dilematis. Karakter ketegasan ini sangat penting dimiliki oleh semua pegawai, terutama untuk yang menduduki posisi pengambil keputusan. lndikasi bahwa seseorang memiliki ketegasan adalah: * tidak ragu dalam membuat ke putusan; * berani mengambil keputusan yang benar meskipun hal itu menimbulkan efek-efek tertentu bagi orang di sekitarnya. * Orang yang tidak memiliki kete-gasan, cenderung ragu-ragu dalam mengambil keputusan karena biasanya takut akan sesuatu bisa berupa tekanan atau karena jabatan seseorang lebih tinggi.

TIPS:

- Pahamilah bahwa aturan ditegakkan demi ketertiban dan keteraturan.
- Dalam penegakan aturan dibutuhkan adanya ketegasan dan kedisiplinan.
- Bedakan dengan jelas antara ketegasan dan galak. Ketegasan membuat orang lain akan hormat dan segan kepada Anda.
- Ketidaktegasan membuat orang lain akan menyepelekan Anda.

M. Aspek Kepercayaan Diri Setiap hari

kita dihadapkan pada berbagai pilihan. Setiap hari pula kita membuat keputusan, baik keputusan kecil maupun keputusan besar. Rasa percaya diri yang proporsional (tidak berlebihan) akan membantu kita dalam memilih satu pilihan terbaik setelah melalui pertimbangan matang, di antara berbagai pilihan yang ada. Oleh karena itu, tes TKP CPNS menguji aspek kepercayaan diri dengan tujuan untuk mengukur tingkat rasa percaya terhadap diri sendiri terutama saat mengambil keputusan, maupun pada saat menghadapi hal penting lainnya.

TIPS:

- Pahamilah manusia harus berusaha sebaik-baiknya, namun hasil akhir ditentukan olehTuhan.
- Setelah berusaha sebaik mungkin, yakinlah bahwa Tuhan akan memberikan hasil yang terbaik.
- Tidak perlu takut dengan hal yang belum terjadi, yang sudah terjadi, maupun yang sedang terjadi.
- Hasil yang tidak sesuai dengan harapan bukanlah akhir segalanya, Anda tetap harus bangkit dan memperbaiki diri.

N. Aspek Toleransi 

Aspek toleransi pada tes TKP CPNS bertujuan untuk mengukur tingkat kedewasaan Anda dalam bertoleransi. Toleransi adalah sikap menerima dan membantu orang lain yang sedang mengalami kesulitan tertentu sehingga, meskipun hal tersebut membuat Anda kehilangan sumber daya (seperti: materi, waktu, dan perhatian), maka Anda tetap melakukannya dengan tulus. Contohnya sikap toleransi dalam dunia pekerjaan diperlukan untuk saling membantu sesama rekan kerja dan sekaligus menjaga kekompakan tim, baik dalam maupun luar kantor.

TIPS:

- Tidakada manusia yang dapat hidup sendiri di dunia ini. Pahamilah bahwa manusia adalah makhluk sosial yaitu hidup saling menolong.
- Tidak ada manusia yang sempurna, semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan.

O. Aspek Kepedulian Lingkungan 

Aspek kepedulian lingkungan yang diujikan dalam tes TKP CPNS bertujuan untuk mengukur tingkat kematangan atau kedewasaan sikap Anda dalam mengambil tindakan yang diperlukan ketika mendapati lingkungan memerlukan peran serta Anda. Seseorang yang memiliki kepedulian lingkungan akan terlihat dari sikapnya yang memperhatikan dan berkomitmen menjaga lingkungan dengan baik. Kematangan sikap peduli lingkungan diyakini sangat membantu tugas seorang PNS terutama bagi PNS yang menduduki posisi sebagai pengambil keputusan.

TIPS:

Tidak ada manusia yang dapat hidup sendiri di dunia ini.
- Pahamilah bahwa manusia adalah makhluk sosial yaitu hidup saling tolong menolong. Tidak ada manusia yang sempurna, semua semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan.

P. Aspek Efisiensi Kerja/Skala 

Prioritas Di era yang serba cepat seperti saat ini, efisiensi merupakan hal yang diperhatikan. Contohnya: Telah diciptakan transportasi yang mampu menempuh jarak jauh dengan waktu yang lebih cepat sehingga efisiensi waktu yang dihasilkan dapat dialihkan ke hal-hal yang lebih produktif. Telah ditemukan bahan bakar alternatif sehingga pembangunan lebih merata dan efisien. Kini efisiensi juga sudah merambah di dunia kerja, baik untuk pegawai negeri maupun pegawai swasta. Pada tes TKP CPNS terlihat memuat aspek efisiensi kerja yang diujikan. Hal ini bertujuan untuk mengukur seberapa baikkah Anda dalam menuntaskan suatu pekerjaan secara benar, namun dengan waktu yang lebih cepat dan pemakaian sumber daya yang lebih hemat. Efisiensi kerja termasuk dalam karakter penting yang harus dimiliki oleh setiap pegawai karena tujuan organisasi dapat dicapai dengan lebih cepat dan lebih hemat.

TIPS:

- Pahamilah bahwa Sumber Daya (SOM, SDA, Waktu, dan lain-lain) di dunia ini terbatas sehingga harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar optimal yang dihasilkan.
- Hemat sumber daya jika tidak diperlukan.
- Cobalah melakukan pekerjaan dengan urutan prioritas agar efektif dan efisien.

Q. Aspek Kemauan dan Kemampuan Belajar Berkelanjutan 

Saat ini zaman telah berubah dengan cepat. Banyak ditemukan teknologi baru yang membantu dalam pekerjaan, contohnya menghitung tidak lagi hanya mengandalkan dari alat bantu hitung seperti kalkulator namun bisa dilakukan dengan memanfaatkan beberapa program yang bisa dijalankan di komputer. Program-program ini menyertakan tidak hanya sekadar angka tetapi juga hasil analisis data yang dibutuhkan. Penggunaan program secara optimal tidak lepas dari orang selaku operatornya. Oleh karena itu seseorang harus terus belajar agar tidak tertinggal. Aspek kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan yang diujikan di tes TKP CPNS bertujuan untuk mengukur keinginan dan tindakan yang Anda lakukan untuk terus maju dengan belajar terus-menerus. lndikasinya adalah gemar membaca, mengikuti pelatihan pengembangan diri; tidak protes jika ditugaskan mengikuti seminar atau pelatihan; berpikir maju; tertantang untuk maju.

TIPS:

- Belajarlah menghargai orang lain, tanpa mencari kesalahan dan kelemahannya.
- Kita manusia pasti mempunyai kekurangan, namun dengan sabar belajar secara kontinu akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

R. Aspek Bekerja Sama dalam Kelompok Manusia 

sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri, selalu membutuhkan bantuan dari orang lain. Di sini diperlukan interaksi sosial yang baik. Apabila seseorang dimasukkan pada suatu kelompok, tentulah orang tersebut harus bisa bekerja sama dengan baik dalam kelompoknya agar tujuan kelompok dapat tercapai. Bekerja sebagai PNS adalah bentuk pengabdian kepada negara. Pekerjaan tersebut banyak dilakukan secara bersama-sama, diambil keputusan bersama, dan dibuat kebijakan untuk semua. Kemampuan seorang CPNS bekerja sama dalam kelompok diuji tahap awal pada tes TKP CPNS dalam aspek bekerja sama dalam kelompok.

TIPS:

Setiap tindakan pasti akan dimintai pertanggungjawabnya, begitu pula ketika bekerja dalam kelompok. Berusahalah Anda menjadi bagian yang berguna di dalam kelompok itu.
- Apabila Anda ditugaskan sebagai pemimpin maka bagilah tugas-tugas ke anak buah secara adil dan proporsional agar tim solid dan mampu bekerja sama dengan baik.

S. Aspek Teknik Pemecahan Masalah (Problem Solving) 

Masalah akan selalu ada di mana pun kita berada dan bisa terjadi kapan saja. Masalah bukan untuk dihindari namun dihadapi dengan cara yang tepat. Oleh karena itu dibutuhkan teknik pemecahan masalah. Aspek teknik pemecahan masalah diujikan untuk mengukur kemampuan Anda dalam memecahkan suatu permasalahan yang dihadapi seharihari, serta menunjukkan respons terbaik yang Anda tampilkan saat menghadapi masalah tersebut. Respons terburuk dari menghadapi masalah adalah menghindari atau emosi. Kemampuan memecahkan masalah tidak didapat dengan cara instan, namun merupakan proses belajar yang panjang. Semakin banyak pengalaman hidup seseorang maka semakin matang pula pemikirannya untuk memecahkan masalah.

TIPS:

- Perbanyak berinteraksi dengan orang lain tanpa membedakan golongan. Perbanyak membaca dari berbagai sumber referensi.
- Kenali beberapa teknik memecahkan masalah dari beberapa rekan kerja yang ahli di bidangnya.

T. Aspek Kepemimpinan/ Menggerakkan dan Mengoordinir Orang Lain 

Jika menjadi pemimpin yang tegas, jujur, dan disiplin, bawahan Anda akan segan, patuh dan hormat kepada Anda. Ketertiban bisa ditegakkan dengan kedisiplinan dan ketegasan.

TIPS:

- Belajarlah memahami orang lain.
- Belajarlah tugas-tugas dan sifat-sifat pemimpin yang baik.
- Belajarlah memanajemen konflik.

Soal-Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Ke-1

SOAL 1
Anda termasuk ke dalam salah satu dari 3 kandidat karyawan terbaik yang akan dipromosikan untuk naik jabatan di perusahaan anda Untuk memutuskan siapa yang layak diantara kandidat yang ada, pimpinan perusahaan memberikan tugas yang sebelumnya tidak pernah kamu kerjakan, bagaimana kamu mengatasinya
A. Bekerja sama dengan dua kandidat yang lain untuk saling membantu
B. Membaca berbagai referensi yang mendukung penyelesaian tugas tersebut
C. Membeli buku buku penunjang di gramedia untuk memudahkan dalam pemahaman terhadap tugas
D. Mencari referensi di google dan jurnal jurnal online dan memakainya untuk penyelesaian tugas agar hasilnya maksimal
E. Meminta bantuan dan pencerahan kepada atasan untuk menjelaskan bagaimana cara mengerjakannya
SOAL 2
Kamu mempunyai keluarga di luar negeri dan hari ini salah satu dari anak kelurga mu tersebut akan liburan di Indonesia dan dititipkan dirumahmu, apa yang akan kamu lakukan untuk menjelaskan padanya mengenai keberagaman diIndonesia
A. mengajaknya mengenal budaya dengan menceritakan sejarah di tempat-tempat yang di lewati
B. Mengajak orang-orang di lingkungan buat memperkenalkan keberagaman kepada anak tersebut
C. Mengajaknya main ketempat tempat ibadah
D. Jadi wakil orang tuanya buat ngedidik dia tentang keberagaman
E. Menjadi perpanjangan tangan orang tua untuk mengajarinya tentang keberagaman melalui tindakan sehari-hari
SOAL 3
Anda baru saja pulang liburan dari sebuah pulau. Ketika hendak mengambil barang anda di pengambilan bagasi ternyata koper anda yang berisi oleh buat kelurga anda tidak ada Sikap anda...
A. Meminta pertanggung jawaban dari pihak maskapai penerbangan
B. Melapor kepada petugas yang berwenang
C. Menanyakan kenapa barang anda tidak ada kepada petugas
D. Meminta pihak bandara bertanggung jawab dan mengganti barang anda
E. Mengurus koper yang hilang dengan membayar asuransi perjalanan.
SOAL 4
Ketika anda sedang mengambil beberapa dokumen di meja CS, tiba-tiba datang seorang pelanggan yang marah pada anda karena pelayanan yang kurang baik bahkan sampai mencaci anda, yang anda lakukan
A. Menahan emosi dan menjawab pertanyaannya karena sudah tugas saya melayani
B. Tetap tersenyum dan mendengarkan keluhannya
C. Menasehatinya agar tidak boleh berkata kasar
D. Meminta maaf dan mendengarkan keluhannya
E. Berusaha tidak marah meskipun dicaci dan tetap melayani keluhannya
SOAL 5
Anda merupakan seorang kurir yang setiap hari bertugas mengantarkan kiriman barang kerumah pelanggan. Anda tidak tahu isi dari barang yang anda antar tersebut, tugas anda hanya mengantarkan ke alamat. Suatu hari anda dikomplain karena barang yang anda antar keliru. Bagaimana sikap anda
A. Mendengarkan dan menjelaskan bahwa anda hanya kurir yang tugasnya hanya mengantar barang saja
B. Mendengarkan dan memberikan solusi supaya kejadian ini tidak berulang
C. Mendengarkan dan minta maaf serta bersedia untuk mengantarkan barang yang tepat secepatnya
D. Mendengarkan saja supaya dia merasa dipahami setelah itu tidak perlu melakukan apapun
E. Minta maaf, Mendengarkan dan memberitahu ke atasan anda jika ada barang yang keliru via telefon
SOAL 6
Anda akan ditugaskan oleh atasan anda untuk menjadi panitia pameran yang akan memperkenalkan produk produk perusahaan, termasuk menjual beberapa produk untuk melihat respon pembeli. Pameran tersebut akan diikuti oleh banyak perusahaan yang juga memperkenalkan produk meraka ada yang setipe dengan anda dan ada juga yang berbeda, untuk menarik pengunjung apa yang anda lakukan
A. Memperagakan produk yang berkualitas di estalase agar banyak yang tertarik
B. Membuat pengunjung nyaman dengan stand anda dengan menyediakan tempat duduk dll
C. Selalu bersikap ramah terhadap pengunjung yang lewat dan mempersilakan untuk mampir
D. Membuat konsep stand pameran yang menarik
E. Membuat stand pameran yang besar agar semua pengunjung bisa muat di stand anda
SOAL 7
Anda merupakan seorang waiters pada sebuah restoran. Datang seorang tamu bersama dengan keluarganya untuk makan direstoran anda. Pada saat menu sudah dihidangkan diatas meja dan mulai dinikmati oleh tamu tersebut, kemudian dia memanggil anda dan komplain jika tadi dia minta agar menu yang dia pesan dibikin tidak pedas sama sekali, sikap anda
A. Meminta maaf dan langsung membuatkan menu baru sesuai pesanan
B. Minta maaf dan memohon untuk menunggu agar dibuatkan yang baru
C. Melaporkan kepada bagian dapur yang bertugas memasak
D. Minta maaf dan melaporkan pada bagian dapur
E. Minta maaf dan meminta bagian dapur untuk mengganti menu tersebut
SOAL 8
Anda merupakan karyawan baru pada sebuah perusahaan. Karena masih dalam masa percobaan gaji yang diberikan oleh perusahaan kepada anda biasanya sangat pas pasan untuk kebutuhan sehari hari. Belum lagi setiap minggunya pacar anda sering mengajak untuk nonton. Kondisi ini diperburuk lagi anda termasuk orang yang lumayan boros sehingga terkadang, pengeluaran anda lebih besar dari pemasukannya, sikap anda
A. Berusaha sekuat tenaga untuk berhemat agar gaji cukup untuk tiap bukan
B. Mengurangi aktivitas nonton bersama pacar anda dan nonton televisi saja yang murah
C. Menghemat pengeluaran dan membeli hal yang dibutuhkan saja
D. Membuat perencanaan, untuk mengontrol keuangan
E. Berhemat dan menabung setiap habis gajian
SOAL 9
Anda baru saja menyelesaikan pendidikan sarjana anda disebuah universitas luar negeri. Setelah lulus anda berkeinginan untuk membuka usaha sendiri di bidang properti. Namun setelah anda mengutarakan dan meyakinkan hal tersebut kepada keluarga anda berkali kali mereka tidak memberikan dukungan dan meminta anda untuk mencoba melamar di perusahaan sedangkan anda sendiri lebih suka pekerjaan yang bebas tanpa harus diatur orang dan pekerjaan yang tidak bersifat rutinitas setiap harinya, sikap anda
A. Mengikuti saran orang tua dan mengurungkan niat anda untuk berwirausaha
B. Meminta orang tua mau mendukung keinginan anda
C. Meyakinkan orang tua jika anda bisa sukses dengan berwirausaha
D. Tetap fokus dengan keinginan karena anda menyukainya dan sesuai passion anda
E. Memantapkan diri Anda sendiri dan fokuslah mengelola bisnis dengan baik
SOAL 10
Anda bekerja sebagai juru masak di sebuah restoran besar di ibu kota. Ketika restoran sedang ramai, tiba-tiba saudara anda datang meminta tolong kepada anda untuk mengantarkan ke bandara, karena
tidak ada yang bisa mengantarkannya, Sikap anda,
A. Meminta izin pemilik restoran untuk mengantar saudara Anda ke bandara
B. Meminta izin pemilik restoran untuk mengantar saudara anda ke bandara karena tidak ada yg bisa mengantarkan
C. Menyarankan saudara Anda untuk naik angkutan umum menuju bandara karena restoran sedang ramai
D. Meminta saudara Anda untuk menunggu karena restoran ramai dan mengantarkan ke bandara setelah restoran sepi
E. Meminta teman untuk mengantarkan saudara anda ke bandara karena restoran ramai sehingga anda tidak dapat mengantarkan sendiri
SOAL 11
Anda seorang karyawan yang memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan. Suatu hari anda dihadapkan dengan pekerjaan yang sangat banyak dan semuanya memiliki deadline yang sama. Sebagai karyawan yang profesional apa yang anda lakukan
A. Menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline dengan hasil sebisanya
B. Memilih lembur dengan harapan mendapat tambahan gaji berupa uang lembur
C. Pulang sesuai jadwal dengan meninggalkan setumpuk pekerjaan di meja untuk dikerjakan besok
D. Melapor pada atasan bahwa anda butuh bantuan karyawan lain dalam menyelesaikan tugas yang banyak
E. Membawa tugas tersebut ke rumah dan mengerjakannya dirumah sampai larut malam
SOAL 12
Karena terjadinya beberapa permasalahan di perusahaan anda yang mengakibatkan terjadinya penurunan financial. Hal ini tentu saja berdampak bagi kelangsungan seluruh komponen perusahaan termasuk karyawan, apa yang akan anda lakukan
A. Tetap bekerja dengan baik seperti hari hari sebelumnya
B. Membuat strategi baru untuk meningkatkan hasil kinerja
C. Mempelajari hal yang mungkin jadi penyebab penurunan tersebut
D. Sebagai karyawan saya akan mengikuti arahan dari atasan dan kebijakan perusahaan
E. Tetap bertahan di perusahaan dan miminta perusahaan mencari jalan keluar
SOAL 13
Karena banyaknya tugas team yang harus diselesaikan anda meminta bantuan teman anda untuk mengerjakan sebuah tugas yang deadline juga bersamaan dengan tugas team yang lain. Namun di tengah proses pengerjaan tugas tersebut kelihatannya teman anda kurang bersemangat mengerjakannya, apa yang anda lakukan
A. Menanyakan hal yang membuatnya tidak bersemangat
B. Mengamati dan mencari tahu akar permasalahannya
C. Menyemangati teman untuk mengerjakannya
D. Mengobrol dan mengingatkan teman akan target pengerjaan seharusnya
E. Meminta agar tugas tersebut dapat diselesaikan tepat waktu
SOAL 14
Siang ini anda berkunjung kesebuah tempat wisata, karena hari libur tentu saja pengunjung sangat ramai. Padaa saat pembelian tiket masuk objek wisata antrian sangat panjang, kemudian anda melihat seorang ibu hamil sedang mengantri selang 10an antrian di belakang anda. Ibu tersebut kelihatan sangat lelah ditambah lagi cuaca pada saat itu panas, apa yang anda lakukan
A. Meminta ibu tersebut untuk mengambil antrian anda
B. Meminta ibu tersebut untuk berpindah ke antrian di depan anda
C. Bertukar posisi antrian dengan ibu tersebut
D. Antri seperti biasa karena kondisi antrian sangat panjang
E. Menyuruh ibu tersebut untuk antri di dekat anda
SOAL 15
Siang ini anda sedang melayani banyak nasabah di kantor anda, antrian cukup panjang. Kemudian ada seorang kakek kakek umur 70 tahun juga ikut mengantri. Karena terlalu lama dan antrian panjang, kakek tersebut meminta untuk dilayani terlebih dahulu, sikap anda
A. Minta maaf, Meminta kakek tersebut untuk antri sesuai dengan nomer antrian
B. Minta maaf, Meminta untuk tetap antri karena pelayanan didasarkan kepada jadwal kedatangan
C. Langsung melayani kakek tersebut karena dia sudah tua
D. Melayani kakek tersebut kemudian memberikan pengertian kepada pelanggan yang lain
E. Memberikan pengertian kepada yang lain dan melayani kakek tersebut
SOAL 16
Sebagai seorang calon ASN kita dituntut untuk cermat dalam bermedia sosial. Di era milinial sekarang ini marak berita dan informasi hoax di media sosial yang disebarkan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab membuat banyak orang mudah terprovokasi, berdebat kusir, sikap anda mangatasi hal ini
A. Membatasi penggunaan media sosial yang penting penting saja
B. Mengenali sumber berita akurat atau tidaknya
C. Mengenali dari judul berita terkadang terkesan provokatif
D. Membacanya saja kemudian tidak mengambil pusing informasi tersebut
E. Membaca keseluruhan informasi secara lengkap
SOAL 17
Sebuah perusahaan harusnya juga peka terhadap kebutuhan karyawannya. Jangan hanya menuntut untuk bekerja cepat, tepat. Tapi juga mengerti permasalahan dari karyawan. Contohnya saja seperti isu keluarga atau keuangan bisa saja mengganggu konsentrasi karyawan dalam bekerja sehingga membuat kinerjanya menurun, harusnya
A. Perusahaan bisa memberikan gaji yang lebih besar kepada karyawan
B. Memberikan bonus pada karyawan yang berkinerja bagus
C. Membuat kebijakan baru, pinjaman karyawan.
D. Meminta setiap pimpinan divisi mau membantu bawahan yang sedang bermasalah dalam keuangan
E. Memberikan akses untuk karyawan berbisnis sampingan di perusahaan
SOAL 18
Suatu hari anda dimarahi oleh atasan anda karena telat mrngumpulkan laporan kerja, sehingga anda di nilai kurang bertanggung jawab dan membuat image anda buruk. Sedangkan fakta anda telah mengumpulkan tugas tersebut karena printer yang akan anda gunakan bermasalah, sikap anda
A. Meminta maaf kepada atasan dan berjanji tidak mengulangi hal yang sama
B. Minta maaf dan menjelaskan bahwa kesalahan tersebut bukan semata mata karena anda
C. Menjelaskan bahwa printer untuk anda mencetak laporan bermasalah
D. Minta maaf dan menjelaskan jika keterlambatan anda karena printer perusahaan yang bermasalah
E. Tidak terima karena seharusnya perusahaan juga memfasilitasi semua sarana penunjang kerja karyawan
SOAL 19
Kita hidup di negara yang memiliki ragam kepercayaan, budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda Di perusahaan anda sendiri terdiri dari orang orang yang berbeda latarbelakang, banyak karyawan muslim yang mengeluhkan sulitnya beribadah karena ketersediaan tempat atau pada jam untuk beribadah mereka harus tetap bekerja, sikap anda
A. Akan memfasilitasi tempat untuk beribadah mereka di lingkungan perusahaan
B. Mendiskusikan hal ini dengan jajaran pimpinan dan pemilik perusahaan untuk dicari solusinya
C. Karena pemilik perusahaan seorang non muslim, maka itu sudah menjadi aturan yang harus dipatuhi karyawan
D. Memberikan kebijakan yang bersifat toleran kepada karyawan
E. Bersifat toleran dan menyediakan semua fasilitas ibadah karyawan
SOAL 20
Suatu hari anda akan mengadakan audit kesebuah sekolah yang lokasinya cukup jauh dan hanya bisa ditempuh dengan perjalanan darat. Ditengah perjalanan mobil yang anda bawah mengalami kecelakaan padahal mobil tersebut adalah mobil pinjaman. Untuk memperbaiki mobil tersebut anda harus mengeluarkan uang sangat banyak. Setelah mobil di servis setelah menunggu 3 jam, anda kembali melanjutkan perjalanan. Ketika akan pulang kepala sekolah memberikan sejumlah uang, sikap kamu Menerima uang transport tersebut jika tidak diketahui oleh rekan tim yang lainnya
A. Mengembalikan uang transport secara tegas dan halus
B. Menolak karena kamu tahu itu bentuk gratifikasi
C. Menolak karena disuruh atasan untuk bekerja dengan jujur dan bebas KKN
D. Marah karena kepala sekolah telah berusaha untuk menyogok
E. Santai Saja
SOAL 21
Banyak karyawan dari perusahaan yang anda pimpin tiba tiba mengundurkan diri, diantaranya merupakan kariawan yang berprestasi dan berkinerja baik, anda mengetahui jika kebanyakan alasan pengunduran diri karyawan tersebut adalah karena perusahaan tidak memberi kesempatan pada karyawannya untuk mengembangkan diri, disisi lain keuangan perusahaan sedang tidak memungkinkan untuk hal tersebut, sedangkan jika hal ini terus di biarkan akan berdampak buruk dan merugikan perusahaan anda karena kehilangan SDM yang bagus, sikap anda..
A. Memberikan karyawan kesempatan untuk mengembangkan diri dengan cara mengikutkan seminar
B. Memberikan karyawan kesempatan pengembangan diri dengan mengikutkan pelatihan
C. Semua perusahaan ingin karyawannya berkembang tapi karena kondisi keuangan perusahaan sedang tidak mendukung hal ini tidak terhindarkan
D. Pimpinan sendiri harus memberikan pembekalan tersebut agar karyawan bisa mengembangkan dirinya ke arah yang lebih baik.
E. Pemilik perusahaan harusnya lebih peka terhadap karyawan dan memfasilitasi pengembangan diri mereka
SOAL 22
Dalam dunia kerja, Anda akan bertemu dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda. Terkadang ada orang yang cuek dan tidak mau tau, ada juga yang sangat aktif mengkritik dan menyuarakan pendapatnya terhadap anda, sikap anda
A. Bersifat terbuka terhadap kritik atau masukkan
B. Menjadikan kritikan sebagai masukan yang membangun agar Anda bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
C. Saya jadikan kritikan sebagai bahan evaluasi diri
D. Berusaha menerima setiap kritikan yang dilontarkan untuk anda
E. Memahami karakter setiap orang yang anda temui
SOAL 23
Anda diminta oleh atasan anda untuk menyiapkan sebuah presentasi untuk bertemu dengan client besok pagi. Presentasi anda besok pagi akan menjadi penentu bagi kelanjutan kerja sama perusahaan dengan si client, atasan anda meminta anda untuk membuat presentasi yang bagus dan membuat client antusias untuk tau lebih jauh, sikap anda
A. Saya akan membuat presentasi yang sangat detail agar bisa tersampaikan pada intinya
B. Saya akan menggunakan bahasa santai dan sedikit candaan ketika presentasi berlangsung
C. Membuat presentasi yang memuat penjelasan secara terperinci
D. Membuat presentasi dengan sedikit tulisan dan beberapa gambar
E. Membuat presentasi yang memuat inti dari setiap poin yang saya sampaikan
SOAL 24
Di kantor anda beredar kabar bahwa salah seorang rekan kerja anda menggelapkan uang penjualan bulanan untuk keperluan pribadinya. Dan sudah beberapa hari ini rekan tersebut tidak masuk bekerja. Kabar ini sangat cepat menyebar keseluruh karyawan, sehingga menjadi buah bibir dikantor anda menurut anda
A. Pihak perusahaan harus memberikan sanksi yang tegas terhadap pelaku
B. Sifat teman tersebut sudah diluar batas dan dapat menyebabkan kerugian besar pada perusahaan
C. Kabar tersebut belum pasti jadi saya tidak mau berkomentar lebih jauh
D. Saya akan mencari kebenaran informasi tersebut sebelum memberikan pendapat
E. Saya tanyakan kepada teman teman yang lainnya apakah informasi tersebut benar adanya
SOAL 25
Siang ini semua karyawan dikumpulkan oleh atasan anda untuk membicarakan permasalahan kantor. Kemudian pada saat anda diminta atasan anda untuk memberikan tanggapan terhadap sebuah permasalahan yang ada di kantor anda tersebut, tiba tiba rekan kerja anda menyanggah penjelasan anda pada saat anda berbicara, menurut anda
A. Wajar saja, karena dalam diskusi komunikasi harus berlangsung dua arah
B. Mungkin apa yang saya jelaskan barusan tidak sesuai dengan gagasannya, namun ini adalah hal yang wajar di dalam sebuah duskusi
C. Harusnya dia mendengarkan saya dulu, lalu baru berbicara
D. Seharusnya rekan saya bisa angkat tangan jika ingin menyampaikan gagasannya dalam diskusi
E. Teman saya ingin menyampaikan gagasannya juga pada saat saya berbicara
SOAL 26
Atasan anda menugaskan anda membuat sebuah tim untuk menyelesaikan sebuah masalah pekerjaan di kantor anda, tetapi di kantor anda terdiri dari orang2 dari berbagai macam latar belakang suku yg berbeda dengan anda. Bagamana sikap anda
A. Membuat sebuah kelompok yg solid dari orang2 yg sepemahaman dengan saya krn kekompakan itu penting.
B. Memilih orang2 dr berbagai latar belakang yg berbeda agar dapat memperoleh bermacam saran dan masukan.
C. Membuka kesempatan bagi siapapun yg memiliki kemauan dan kemampuan bekerja tim.
D. Membuka kesempatan bagi siapapun yg memiliki kemauan dan kemampuan bekerja tim tanpa membedakan latar belakang
SOAL 27
Pada saat anda sedang mengerjakan sebuah pekerjaan penting tiba2 anda menemukan sebuah kejanggalan pada sistem informasi yg anda gunakan dan bisa berakibat bocornya data perusahaan ke publik. Bagaimana sikap anda
A. Menyuruh semua rekan kerja untuk menghentikan penggunaan sistem itu.
B. Saat itu juga anda menghentikan penggunaan sistem itu.
C. Melaporkan kepada atasan apakah harus berhenti menggunakan sistem itu.
D. Menyelesaikan pekerjaan penting tersebut lebih dulu kemudian menghentikan penggunaan sistem itu.
E. Menyelesaikan pekerjaan penting tersebut lebih dulu kemudian melaporkan ke atasan tentang masalah pada sistem itu
SOAL 28
Salah satu anggota tim anda melakukan kesalahan fatal dalam tugasnya karna kurangnya pemahaman dia tentang teknologi informasi. Sebagai ketua tim apa yg anda lakukan....
A. Mengumpulkan semua anggota tim dan membahasserta mencari jalan keluar dr permasalahan tim.
B. Mengundang ahli IT untuk memberikan pengetahuan kepada tim tentang cara penggunaan teknologi informasi.
C. Mengundang ahli IT untuk memberikan pengetahuan kepada tim tentang pentingnya teknologi informasi dan pelatihan cara penggunaan teknologi informasi.
D. Mengumpulkan anggota tim dan membahas permasalahan anggota tim yg bermasalah
E. Mengeluarkannya dr tim
SOAL 29
Anda sedang mengerjakan tugas di perpustakaan dan 1 jam lagi harus selesai. Tiba2 ada teman anda yang menanyakan letak suatu buku. Anda tahu dimana letak buku tersebut. Apa yang anda lakukan?
A. menyuruhnya untuk bertanya ke petugas perpustakaan saja
B. menyampaikan kalau anda sedang sibuk
C. tetap di tempat duduk dan menjelaskan saja dimana letak buku tersebut
D. meninggalkan pekerjaan anda sebentar untuk mengantarnya menunjukan buku yang dimaksud, dan kembali melanjutkan pekerjaan anda
E. tidak peduli sama sekali
SOAL 30
Menjelang jam istirahat kantor, anda dan rekan anda berjanji untuk makan siang di luar kantor. Akan tetapi bos anda memanggil dan minta tolong anda menangani klien prioritas yang akan datang di jam istirahat dan transaksi klien tersebut akan sangat berpengaruh pada penambahan modal perusahaan anda, apa yang akan anda lakukan?
A. Menolak permintaan bos dengan sopan karena jam istirahat adalah hak karyawan
B. Mengatakan pada bos bahwa anda sudah memiliki janji dan akan segera kembali untuk melayani klien
C. Meminta bantuan teman untuk menangani klien selama anda pergi dan akan segera membantu setelah anda kembali
D. Menerima permintaan bos untuk melayani klien dan membatalkan janji dengan teman
E. Makan siang di kantor sambil mempersiapkan beberapa hal sambil menunggu klien
SOAL 31
Bos saya selalu mengagung-agungkan kinerja Andi karena selalu menggunakan teknologi yang ada di setiap kesempatan, apakah yang anda lakukan?
A. Diam saja dan mendengarkan bos
B. Ikut menggunakan teknologi juga sesuai dengan kemampuan yang saya bisa
C. Mempelajari teknologi secara diam-diam
D. Setiap karyawan punya cara sendiri asalkan semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik
E. Bersama-sama dengan rekan kerja yang lain meminta bos untuk menghargai kinerja mereka juga
SOAL 32
Perusahaan anda mengalami penurunan financial tahun ini, apa yang anda lakukan?
A. Tetap bekerja dengan baik seperti tahun lalu
B. Membuat strategi baru untuk meningkatkan hasil kinerja kerja
C. Mempelajari hal mungkin jadi penyebab penurunan tersebut
D. Sebagai karyawan saya akan mengikuti arahan dan atasan
E. Tetap mendukung atasan, penurunan hanya terjadi di tahun ini
SOAL 33
Anda meminta bantuan teman anda untuk mengerjakan sebuah proyek, namun di tengah proses kelihatannya teman anda kurang bersemangat mengerjakannya, apa yang anda lakukan?
A. Menanyakan hal yang membuatnya tidak bersemangat
B. Mengamati dan mencari tahu akar permasalahannya
C. Menyemangati teman untuk mengerjakannya
D. Mengobrol dan mengingatkan teman akan target pengerjaan seharusnya
E. Mencari cara agar proyek tersebut dapat diselesaikan tepat waktu
SOAL 34
Anda adalah PNS melalui jalur CPNS resmi suatu instansi yang dikepalai kerabat Anda Belakangan diketahui bahwa ternyata Anda tidak lulus dan orang tua menggunakan jalur belakang untuk meluluskan Anda Padahal selama ini Anda selalu aktif memerangi KKN, sikap Anda?
A. Menyesali perbuatan dengan bersedekah membantu korban bencana dan aktif di organisasi kemanusiaan
B. Menasehati orang tua dan melaporkan pada pihak berwenang
C. Mengakui kecurangan di depan semua orang,melapor ke pihak berwenang dan menunggu keputusan instansi
D. Menyesali perbuatan, tetap tenang dan tidak gegabah karena sulit memecat PNS
E. Meminta maaf dan melapor ke pihak berwenang
SOAL 35
Dalam perkembangan teknologi informasi di masa kini terutama dalam dunia kerja, ketika mengakses internet utamanya Anda adalah orang yang
A. senang menfollow akun-akun selebgram terkenal berikut berita terbarunya
B. menggunakan fasilitas internet sebagai sarana untuk menghasilkan uang
C. ikut bergabung dengan beberapa grup di media sosial untuk menjalin silaturrahmi
D. sering membuka situs mengenai informasi terbaru dan membagikannya darimanapun sumbernya
E. bisa memperoleh informasi yang dibutuhkan lewat kolom pencarian dan hanya dengan satu kali

1. JAWABAN : B D C A E
Topik kemampuan belajar berkelanjutan, Indikator gemar membaca dan terus menimbah ilmu, berfikiran maju dan punya tekad untuk berkembang dan suka tantangan, dari persoalan di atas opsi B yang paling tepat langsung action, menunjukkan kita orang yang mampu bekerja berkelanjutan.
2. JAWABAN :E D A B C
Topik sosial budaya, Indikator penghormatan terhadap budaya dan mengedukasi anak tersebut karena sudah dititipkan orang tuanya kepada anda dengan mengajarkan keberagaman melalui tindakan sehari hari, bukan saat jalan jalan saja
3. JAWABAN : B A E C D
Topik kemampuan mengendalikan diri, Indikator agar tetap tenang dan bersikap dewasa jika terjadi masalah dan mengikuti SOP di bandara jika ada barang hilang harus melapor kebagian berwenang yang menangani kehilangan barang
4. JAWABAN : D A B E C
Topik orientasi pada pelayanan, Indikator cepat tanggap terhadap keluhan pelanggan dan mendengarkan keluhannya dengan baik, agar pelanggan merasa dihargai karena buruknya pelayanan lebih baik minta maaf dan tetap mendengarkan keluhannya, tetap fokus pada kebutuhan dari pelanggan
5. JAWABAN : E C A B D
Topik orientasi pada pelayanan, Indikator harus cepat tanggap dengan keluhan dan segera mungkin mencarikan solusi agar pelanggan merasa di layani, opsi E yang paling berorietasi pada pelayanan cepat tanggap saat itu juga dengan langsung mengkonfirmasi via telfon kepada atasan jika barang keliru baru menunggu untuk melakukan perintah atasan selanjutnya
6. JAWABAN : D C B A E
Topik kreatifitas dan inovasi, Indikator dengan menciptakan ide yang baru, unik dan menarik sehingga membuat banyak orang penasaran, salah satu adalah dengan konsep stand anda yang akan membuat orang penasaran untuk mengunjungi, baru opsi yang lain menyusul memberikan pelayanan yang ramah
7. JAWABAN : D E C B A
Topik orientasi pada pelayanan, Indikator cepat tanggap terhadap keinginan pelanggan dan melayani dengan baik sesuai dengan kapasitas, tugas dan tanggung jawab anda
8. JAWABAN : D E C A B
Topik kemampuan mengendalikan diri, Indikator kesadaran diri dengan keadaan, sikap dewasa dan mengambil tindakan yang diyakini kebenaran untuk mencegah hal yang tidak diinginkan muncul, dengan mengontrol keuangan (membuat perencanaan) dengan baik sehingga tidak besar pasak dari tiang, sehingga manajemen keuangan anda bagus
9. JAWABAN : E D C B A
Topik semangat berprestasi, Indikator mau mencoba hal hal baru untuk kemajuan, giat dan tekun serta semangat dan memantapkan diri dan fokus maka sukses akan menghampiri dengan Memantapkan diri Anda sendiri dan fokuslah mengelola bisnis dengan baik
10. JAWABAN : C D E B A
Topik profesionalisme saat bekerja, indikator tanggang jawab terjadap pekerjaan yang harus didahulukan, komitmen terhadap profesi, jadi tetap harus fokus pada pekerjaan anda saudara anda bisa naik angkutan umum, sifatnya tidak yang terlalu penting
11. JAWABAN : D A B C E
Topik integritas dalam bekerja, indikator tetap bertanggung jawab terhadap pekerjaan, ketika terjadi masalah bicarakan kepada atasan jika tidak memungkinkan untuk anda atasi sendiri
12. JAWABAN : B C A E D
Topik semangat berprestasi dengan selalu mau belajar dan mengembangkan diri memperoleh ilmu baru, pengetahuan dan belajar hal hal baru untuk menyelesaikan dan mencari solusi dari masalah yang sedang di hadapi, perusahaan butuh orang orang kreatif dan punya semangat yang besar dan mampu membawa perusahaan keluar dari kesulitan untuk memajukan
13. JAWABAN : E C D A B
Topik kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, Indikator tanggung jawab terhadap pekerjaan, inisiatif, fokus, serius dan konsisten agar pekerjaan cepat selesai bekerja dengan cepat, tepat dan sesuai prosedur agar bisa diselesaikan tepat waktu.
14. JAWABAN : C A D E B
Topik orientasi pada orang lain, Indikator kepedulian terhadap orang lain, tidak acuh tak acuh, mempunyai empati, dapat anda lakukan dengan cara bertukar posisi antrian dengan ibu tersebut sehingga tidak menimbulkan konflik
15. JAWABAN : E D C A B
Topik orientasi pada pelayanan, kita harus memberikan pelayanan yang baik, cepat dan berorientasi kepuasaan pelanggan, dalam kasus diatas kita boleh mendahulukan kakek tersebut, dengan menjelaskan kepada yang lain terlebih dahulu agar mereka juga merasa dihargai, pada pelayanan wanita hamil, lansia, ibu menyusui mendapatkan prioritas utama pelayanan.
16. JAWABAN : B E C A D
Topik teknologi informasi dan komunikasi, kita harus pinter dalam bermedia sosial karena hal ini juga memudahkan kita untuk saling berinteraksi dan memberikan kemudahan untuk permasalahan diatas bisa dengan mengecek sumber berita yang teruji kredibilitasnya.
17. JAWABAN : C A B D E
Topik orientasi kepada orang lain, kita harus peka dan peduli terhadap permasalahan orang dan berempati jika bisa membantu maka lakukanlah, seperti kasus diatas dengan diadakannya pinjaman karyawan akan membantu mereka dan mereka juga akan lebih bekerja dengan focus.
18. JAWABAN : D C B A E
Topik kemampuan mrngendalikan diri, kita dituntut untuk tetap tidak gegabah dalam bersikap dan memberikan respon, sebaiknya jelaskan dengan santun jika hal tersebut karena fasilitas kantor yang tidak bisa digunakan, sehingga atasan tau dan bisa melakukan evaluasi juga, selalu terbuka dan berkomunikasi dua arah jika terdapat masalah.
19. JAWABAN : B E A D C
Topik sosial budaya, kita harus memberikan sarana dan prasarana bagi karyawan dan memfasilitasinya termasuk dalam urusan keyakinan kita harus bersikap toleransi dan menghargai hak orang lain keputusan ini tentu harus kita diskusikan dengan perusahaan dan tidak bisa diputuskan sendiri karena kita berada dalam sebuah organisasi
20. JAWABAN : C B D E A
Topik integritas diri, Indikator kejujuran, berpegang teguh pada prinsip tidak mudah terpecah antara tindakan sikap dan perbuatan, selalu bertindak sesuai kode etik organisasi, jangan melibatkan diri dalam hal hal yang buruk dan mengarah kepada kecurangan, korupsi, gratifiksi dll, harus berkomitmen, jujur dan berprinsip sesuai kode etik
21. JAWABAN : D E C B A
Topik kemampuan mengkoordinir orang lain, sebagai pemimpin yang baik kita harus peka terhadap pengembangan diri karyawan jangan hanya menuntut karyawannya untuk kerja cepat, tepat, dan sesuai dengan prosedur, untuk masalah di atas pimpinan bisa memberikan pembekalan langsung dan pelatihan
22. JAWABAN : A B C D E
Topik kemampuan mengendalikan diri, indikator kesadaran diri, dan bersikap dewasa dalam menghadapi permasalahan agar tujuan tercapai, kita harus bersifat terbuka dan tidak mudah tersulut emosi jika ada orang lain yang mengkritik kita, terkadang kritikan bisa menjadikan anda menjadi orang yang lebih baik dan evaluasi diri
23. JAWABAN : E D B D A
Topik kreativitas dan inovasi, menguji cara berfikir kita untuk menciptakan sesuatu yang baru dan mudah dimengerti dan poin poin penting, serta tidak membuat orang bosan, menggunakan bahasa yang baik dan juga pemilihan kata yang tidak bertele-tele agar mudah dipahami serta tidak memuat banyak tulisan
24. JAWABAN : C D E B A
Topik profesionalisme, Indikator sikap pegawai yang baik tidak perlu ikut campur masalah orang lain, lebih baik tidak terlibat dalam urusan yang bukan kapasitas kita, nanti bisa memicu konflik, dan menghindari kesalahpahaman yang akan berdampak buruk bagi anda dan lingkungan pekerjaan
25. JAWABAN : C D E B A
Topik kemampuan bekerja dalam kelompok, kita harus saling menghargai dan bersifat terbuka Hargailah lawan bicara kita, Berilah respon yang positif. Etika saat berbicara adalah mendengarkan apa yang dikatakan oleh lawan bicara dengan baik. Setelah itu Anda wajib memberikan respon ataupun tanggapan terhadap apa yang telah disampaikan
26. Jawab : C. memilih karena kita ditugaskan untuk membuat, bukan membuka kesempatan kurang tepat (Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain)
27. jawab : C. Yang mengerjakan saat itu anda, dan posisinya sebagai bawahan, jadi wajib melaporkan dulu keatasan untuk langkah selanjutnya (Profesionalisme & teknologi Informasi)
28. Jawab : D. yang bermasalah satu orang, jadi harus didiskusikan bersama tentang masalah nya tersebut. Kalau opsi A tidak tepat sasaran bahasanya (Kemampuan Bekerja sama dalam kelompok)
29. Jawab : C, fokus menyelesaikan tugas (Integritas)
30. jawab : D. (Profesional dan pelayanan)
31. jawab : B. (kemampuan beradaptasi dan belajar berkelanjutan)
32. jawab : B. (semangat berprestasi)
33. Jawab E (berkerja mandiri dan tuntas)
34. Jawab D (pengendalian Diri)
35. Jawab : E. Teknologi Informasi, menguasai dan memahami
Soal-Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Ke-2
SOAL 1
Menurut anda, apa pendapat anda tentang bekerja?
A. Bekerja adalah hal yang melelahkan
B. Bekerja adalah untuk memperoleh penghasilan
C. Bekerja adalah untuk kepuasan dan memperoleh penghasilan
D. Bekerja adalah untuk mengisi kehidupan
E. Bekeja adalah untuk megisi kehidupan dan memperoleh Penghasilan
SOAL 2
Pada akhir dari hari kerja normal, anda mempunyai suatu pekerjaan yang tak habis habisnya, dan harus selesai tepat waktu. Apa yang anda lakukan?
A. Pulang ke rumah,dan menyelesaikan pekerjaan di hari berikutnya
B. Menyelesaikan pekerjaan tapi meminta uang lembur
C. Menanyakan pimpinan apakah ada uang lemburnya
D. Menyelesakan pekerjaan dengan harapan memperoleh uang lembur
E. Menyelesaikan pekerjaan, tidak peduli ada uang lembur atau tidak
SOAL 3
Dalam suatu rapat pimpinan, ada sejawat yang tidak sependapat dengan usulan saya
A. Dengan senang hati mempertimbangkan pendapat orang tersebut
B. Bersikeras agar usulan saya yang diterima
C. Meninggalkan ruang rapat dan tidak kembali lagi
D. Mempertimbangkan pendapat tersebut dengan melihat siapa orangnya
E. Tetap beranggapan bahwa perbedaan pendapat adalah hal yang lumrah
SOAL 4
Saya baru saja dimutasikan ke unit lain yang sama sekali baru bagi say
A. Sikap saya adalah …
A. Berusaha memahami mekanisme kerja unit melalui arsip dan aturan kebijakan
B. Jarang masuk karena belum jelas apa yang harus dikerjakan
C. Duduk-duduk saja sambil menunggu perintah atasan
D. Berusaha mempelajari dan memahami mekanisme kerja unit melalui rekan sejawat
E. Mengamati proses pekerjaan yang dilakukan rekan sejawat
SOAL 5
Sikap saya terhadap perubahanperubahan, ide-ide baru dan cara-cara baru dalam melaksanakan suatu pekerjaan adalah…
A. Stabilitas dalam bekerja lebih penting
B. Perubahan adalah sesuatu yang pasti
C. Perubahan bukan jaminan keberhasilan pekerjaan
D. Dengan adanya perubahan, kondisi kerja pasti lebih baik
E. Keberhasilan pekerjaan tergantung jenis perubahan, ide, dan cara-cara baru tersebut
SOAL 6
Saya diutus mengikuti suatu diklat. Oleh panitia penyelenggara saya ditempatkan sekamar dengan orang yang tidak saya kenal yang berasal dari kota lain. Sikap saya adalah…
A. Mengajukan keberatan tetapi akhirnya menerima aturan panitia
B. Protes keran dan minta ditempatkan sendiri saja
C. Mengajukan keberatan dan minta ditempatkan dengan minimal orang yang dikenal
D. Menerima aturan panitia dan berusaha mengenal dan memahami teman sekamar
E. Menerima aturan panitia
SOAL 7
Terjadi pergantian pimpinan di unit kerja saya. Sikap saya adalah …
A. Tidak peduli
B. Berusaha mengenal dan memahami visi dan misi pimpinan baru
C. Tidak berusaha mendekati pimpinan baru karena takut dicap penjilat
D. Berusaha memahami dan mengenal pribadi pimpinan baru
E. Pergantian pimpinan itu sesuatu yang biasa
SOAL 8
Draft laporan yang dibuat tim kerja saya ditolak oleh atasan karena dianggap kurang visibel. Sikap saya adalah...
A. Segera melakukan perbaikan atas draft laporan dan mengajukan kembali
B. Menyalahkan rekan sejawat yang sama-sama mengerjakannya
C. Menerima penolakan tetapi tidak melakukan tindak lanjut
D. Berusaha mencari alasan seperti sedikitnya waktu untuk mengerjakannya
E. Menerima penolakan dan berusaha memperbaiki
SOAL 9
Tentang perubahan yang terjadi dalam organisasi, pendapat saya adalah …
A. Perubahan adalah sesuatu yang lumrah
B. Menjaga stabilitas organisasi dengan sedapat mungkin menghindari perubahan
C. Pegawai tidak boleh terlalu kreatif menciptakan perubahan
D. Organisasi harus menjadi “learning organization”
E. Setiap individu dalam organisasi harus terbiasa dengan perubahan
SOAL 10
Saya menggunakan kendaraan dinas tanpa sepengetahuan Kepala Kendaraan pada Hari Libur. Secara tidak sengaja saya menabrakkan kendaraan tersebut. Tindakan saya adalah:
A. Diam-diam menyimpan kendaraan tersebut karena tidak seorang pegawai pun yang tahu kalau saya menggunakannya
B. Membawa kendaraan tersebut ke bengkel, melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan serta menyerahkan segala keputusan kepada pimpinan
C. Mencoba memperbaiki sendiri kendaraan tersebut
D. Melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan dan siap menerima hukuman/petunjuk dari pimpinan
E. Membawanya ke bengkel dengan biaya pribadi dan mengembalikannya dengan diam-diam
SOAL 11
Saya mendapat teguran langsung dari pimpinan atas kesalahan yang bukan hanya saya seorang diri sebagai pelakuny
A. Reaksi saya adalah …
A. Membantah secara tegas agar pada kesempatan lain pimpinan tidak semena-mena menyalahkan
B. Diam saja, karena membantah hanya akan menambah rumit permasalahan
C. Menerima teguran tersebut dan mencoba menjadikannya sebagai pelajaran berharga, tetapi tetap mengadukan pegawai lain yang turut bersalah agar saya tidak menjadi korban seorang diri
D. Mengadukan pegawai lain yang juga bersalah agar mereka juga bisa belajar dari kejadian ini
E. Menerima teguran tersebut dan mecoba menjadikannya sebagai pelajaran berharga tanpa perlu mengadukan pegawai lain yang turut bersalah
SOAL 12
Dalam rapat staf dan pimpinan, pendapat saya dikritik keras oleh peserta rapat lainnya Respon saya adalah..
A. Mencoba sekuat tenaga mempertahankan pendapat saya
B. Menyerang semua peserta yang mengeritik pendapat saya
C. Mencoba mempelajari kritikan tersebut dan berbalik mengkritik dengan tajam
D. Menerima kritikan tersebut sebagai masukan
E. Diam saja
SOAL 13
Salah seorang rekan kerja saya mendapat promosi sedangkan menurut penilaian saya, kemampuannya tidak lebih baik dari saya. Respon saya adalah …
A. Menggunakan berbagai cara agar dapat menggeserkan posisi rekan tersebut
B. Bekerja lebih giat dan menunjukkan kinerja terbaik saya
C. Menghadap pimpinan dan memprotes promosi tersebut
D. Ikut merasa senang dan tetap bekerja seperti biasa
E. Menerima keadaan tersebut tetapi tidak akan mengikuti perintah rekan tersebut
SOAL 14
Respon saya adalah …
A. Mengerjakan semua tugas dengan senang hati dan berusaha memenuhi target deadline
B. Hanya mengerjakan tugas yang saya senangi
C. Mengkonsumsi obat suplemen agar mendongkrak tenaga saya untuk menyelesaikan semua tugas
D. Mengerjakan semua tugas,meskipun sangat terbebani
E. Mengerjakan semua tugas setengahsetengah saja, yang penting sudah dianggap bertanggung-jawab
SOAL 15
Menurut anda apa pendapat anda tentang rekan kerja ?
A. Mereka bukan tim kerja yang membanggakan
B. Saya tidak sependapat dengan mereka
C. Mereka adalah teman yang baik dan selalu membimbing saya
D. Mereka adalah rekan kerja yang menyenangkan
E. Mereka adalah sahabat dan rekan kerja yang profesional
SOAL 16
Saya ditugaskan untuk memimpin tim kerja dengan batas waktu yang sangat ketat. Anggota tim kerja memperlihatkan sikap tidak peduli dengan tugas yang diemban. Sikap saya adalah :
A. Bekerja sendiri yang penting tugas selesai
B. Mengancam mengeluarkan anggota yang tidak serius dari tim kerja
C. Melaporkan mereka pada pimpinan agar diberi sanksi
D. Membagi tugas secara adil dan memotivasi anggota untuk menyelesaikannya
E. Menasehati mereka agar sadar akan penyelesaian tugas yang diembannya
SOAL 17
Setiap hari kerja saya masuk kantor paling cepat dibandingkan pegawai lainny
A. Yang saya lakukan setelah tiba adalah …
A. Masuk ke ruangan dan membaca koran
B. Santai di luar gedung kantor untuk menikmati udara pagi
C. Masuk ke ruangan dan mengobrol dengan rekan sejawat
D. Masuk ke ruangan dan membuat rencana kerja
E. Masuk ke ruangan dan memulai pekerjaan yang tertunda kemarin
SOAL 18
Saya diminta untuk lembur kerja sedangkan saya sudah berjanji kepada anak saya untuk mengantarnya ke pesta ulang tahun sahabatny
A. Sikap saya adalah …
A. Pulang dengan diam-diam, tanpa sepengetahuan pimpinan
B. Berpura-pura sakit agar dapat diizinkan untuk segera pulang
C. Menghubungi anak saya menjelaskan bahwa saya akan sedikit terlambat menemuinya
D. Tinggal bekerja lembur
E. Meminta izin pimpinan mengantar anak saya kemudian kembali ke kantor untuk bekerja lembur
SOAL 19
Bagi saya untuk menjadi pegawai negeri sipil yang sukses, saya harus melakukan …
A. Mengikuti perintah dan arahan pimpinan secara loyal dan penuh kepatuhan
B. Melakukan pekerjaan yang terbaik dengan standar kinerja yang tinggi
C. Mengembangkan hal-hal baru yang belum pernah diciptakan sebelumnya
D. Menciptakan hubungan baik dengan setiap orang, rekan kerja dan pimpinan
E. Bekerja sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pimpinan
SOAL 20
Menurut saya, bekerja merupakan upaya untuk meraih kesuksesan. Untuk itu upaya saya adalah
A. Bekerja dengan cermat dan berusaha menjadi terbaik dan diakui
B. Berusaha menyingkirkan orang yang saya anggap menghalangi upaya saya
C. Bekerja sepenuh hati
D. Bekerja sampai larut malam
E. Bekerja berdasarkan kontrak kinerja
SOAL 21
Saya ditawarkan oleh pimpinan untuk melanjutkan studi di provinsi lain atas biaya kantor. Saat ini saya baru saja dikaruniai bayi kembar yang masih membutuhkan perhatian saya. Keputusan saya adalah …
A. Menolak tawaran tersebut
B. Menerima tawaran tersebut dengan konsekuensi mengikutkansertakan keluarga
C. Menerima tawaran tersebut dengan permohonan agar keluarga dapat ikut saya dengan tambahan biaya hidup
D. Menolak tawaran tersebut namun mohon kebijakan pimpinan jika ada kesempatan lagi saya dapat diikutkan
E. Menerima tawaran tersebut dan dengan berat hati meninggalkan keluarga
SOAL 22
Menurut saya, sepuluh tahun setelah saya diangkat sebagai PNS, saya akan menjadi …
A. Pejabat struktural atau tenaga fungsional yang profesional dalam bidangnya
B. Bukan PNS lagi
C. PNS masih sebagai pelaksana di unit yang pertama kali saya diterima
D. Belum tahu karena sepenuhnya tergantung pada nasib
E. PNS masih sebagai pelaksana di unit lain yang sesuai dengan kompetensi saya
SOAL 23
Ketika muncul suatu masalah dalam pekerjaan yang kebetulan ada kaitannya dengan hal-hal yang menjadi kewajiban saya, maka saya …
A. Mencari kambing hitam penyebab masalah
B. Akan bertanggung jawab
C. Membiarkan masalah tetap berlangsung
D. Melihat dulu apakah saya sebagai sumber masalah
E. Melihat sejauh mana apakah saya terlibat di dalamnya
SOAL 24
Saya sedang mengerjakan pekerjaan kantor, yang harus selesai besok pagi. Tiba-tiba teman datang dengan wajah cemberut dan tampaknya ingin mengeluarkan isi hatinya kepada say
A. Sikap saya …
A. Memohon kepadanya untuk tidak mengganggu saya karena sedang sibuk
B. Meninggalkan pekerjaan saya dan mendengarkan ceritanya dengan penuh perhatian
C. Meninggalkan pekerjaan serta memberi berbagai alternatif penyelesaian
D. Tetap mengerjakan sambil mendengarkan ceritanya
E. Meneruskan pekerjaan dan berusaha untuk tidak memperdulikan keinginan teman saya
SOAL 25
Hari ini adalah hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran ...
A. Saya akan ijin menambah satu hari libur lagi, karena silaturahmi belum selesai.
B. Dengan alasan yang masuk akal saya akan minta ijin karena ada hal yang penting
C. Masuk kerja, karena waktu libur habis
D. Masuk kerja seperti biasa meskipun dikantor hanya duduk-duduk
E. Dengan senang hati masuk kerja, mengingat pelayanan masyarakat lebih penting dari kepentingan pribadi
SOAL 26
Organisasi sedang mengalami permasalahan internal seputar manajemen keuangan. Pendapat saya terhadap kondisi ini adalah …
A. Saya akan menjaga kerahasiaan permasalahan yang terjadi dan mencoba memberikan alternatif solusi kepada pimpinan
B. Seharusnya pimpinan puncak dapat menindak tegas yang terlibat dalam masalah ini
C. Tidak memper
SOALkan masalah tersebut karena bukan bagian tugas saya
D. Pastikan bahwa kepala keuangan bertanggungjawab penuh terhadap masalah ini
E. Perlu membeberkan permasalah kepada seluruh jajaran organisasi
SOAL 27
Saya ingin rekan-rekan kerja saya melihat kualitas diri saya yang terbaik sebagai seorang yang …
A. Inovatif
B. Disiplin dan penurut
C. Mampu beradaptasi dan ramah
D. Dapat memutuskan sendiri dan realistis
E. Percaya diri dan mandiri
SOAL 28
Apabila anda diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil da sudah bekerja, apakah ada kemungkinan untuk membuat lamaran kerja baru diluar instansi anda?
A. Ya
B. Tidak
C. Jika ada prospek yang lebih menjanjikan kenapa tidak !
D. Tergantung situasi dan kondisi
E. Tidak selama gaji dan kesejahteraan mencukupi
SOAL 29
Pimpinan kantor menggelar rapat kerja membahas penyusunan rencana kerja untuk tahun anggaran depan. Setiap pegawai diharapkan mempersiapkan usulan untuk kegiatan tahun depan. Respon saya adalah …
A. Berminat mengajukan suatu ide kegiatan yang akan dilaksanakan meskipun nantinya ide tersebut tidak diterima
B. Tidak berminat sama sekali untuk mengajukan suatu ide kegiatan
C. Akan mengajukan suatu ide kegiatan jika diminta oleh pimpinan
D. Mungkin berminat mengajukan suatu ide kegiatan yang akan dilaksanakan tergantung situasi dan kondisi
E. Ragu-ragu mengajukan suatu ide kegiatan karena akan kecewa jika tidak diterima
SOAL 30
Saya ditugaskan pimpinan untuk menjadi notulen dalam rapat Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan. Respon saya adalah …
A. Berusaha menghindari rekan yang membujuk untuk mengetahui hasil keputusan rapat
B. Dengan bangga saya akan menceritakan kepada rekan sejawat saya hasil keputusan rapat
C. Memberitahukan anggota keluarga tentang hasil keputusan rapat
D. Memberitahu sahabat saya dikantor tentang hasil keputusan rapat
E. Tidak membocorkan hasil keputusan rapat karena bukan wewenang saya
SOAL 31
Ketika sedang melakukan presentasi, saya mendapat pesan singkat (SMS), bahwa anak saya diopname di rumah sakit, reaksi saya adalah...
A. Menghentikan presentasi dan langsung menuju rumah sakit.
B. Mencari tahu tentang kondisi anak saya kemudian memutuskan tetap presentasi atau ke rumah sakit;
C. Membalas pesan dan melanjutkan presentasi.
D. Melanjutkan presentasi.
E. Menghentikan presentasi dan mencari tahu kondisi anak saya
SOAL 32
Kondisi kerja yang paling saya harapkan adalah kondisi yang ....
A. Menghasilkan tambahan penghasilan bagi saya
B. Menyediakan stabilitas pekerjaan kepada saya
C. Memberikan kemungkinan promosi jabatan kepada saya
D. Memberikan kesempatan beraktualisasi diri
E. Memotivasi saya untuk bekerja lebih giat.
SOAL 33
Saya dipercaya untuk mengelola kegiatan yang belum dipublikasikan dan masih harus dijaga kerahasiaannya. Ketika saya berada di antara temen- teman dekat di kantor, saya
A. Suka menerima masukan demi masukan untuk pengembangan tugas baru say
B. Membicarakan hal lain yang tidak ada hubungannya dengan tugas baru saya
C. Membatasi pembicaraan agar tidak membicarakan tugas baru saya
D. Merasa gelisah dan kurang senang bila mereka membicarakan tugas baru saya
E. Akan mengalihkan ke pembicaraan lain apabila mereka sudah mulai menyinggung tugas baru saya
SOAL 34
Kerja keras dan cermat merupakan wujud upaya untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi organisasi. Berkaitan dengan hal tersebut, saya senang
A. Bekerja dengan standar hasil tinggi.
B. Pekerjaan yang menumbuhkan kreatifitas baru.
C. Pekerjaan yang rutin.
D. Pekerjaan yang menantang.
E. Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih
SOAL 35
Dalam menyelesaikan tugas yang diberikan kepada saya , saya .....
A. Selalu mencari alternatif lain agar tidak mengambil keputusan sendiri.
B. Tidak berani mengambil keputusan sendiri.
C. Selalu menunggu keputusan pimpinan.
D. Berani mengambil keputusan karena tugas tersebut telah diberikan kepada saya
E. Menyadari bahwa keputusan pimpinan diperlukan jika keputusan tersebut di luar wewenang saya
SOAL 36
Kantor tempat saya bekerja mengalami pergantian kepala kantor. Saya sangat dekat dengan kepala kantor lama. Tindakan saya
A. Pergantian pimpinan adalah hal wajar.
B. Berusaha dekat dengan kepala yang baru.
C. Tidak berusaha dekat dengan kepala yang baru karena takut dianggap penjilat
D. Berusaha mengenal pribadi kepala baru tersebut dan menyesuaikan diri dengan cara kerja yang dijalankan.
E. Bekerja dengan setengah hati.
SOAL 37
Dalam perjalanan ke kantor, kendaraan umum yang saya naiki tiba- tiba mogok di jalan. Yang harus saya lakukan adalah...
A. Berusaha ke kantor dengan berjalan kaki sedapatnya
B. Menunggu kendaraan selesai diperbaiki.
C. Berusaha mencari tumpangan untuk ke kantor.
D. Mengabari teman di kantor minta untuk dijemput.
E. Memarahi pengemudi kendaraan karena tidak memperhatikan kendaraan.
SOAL 38
Untuk mencapai tujuan yang saya harapkan, saya akan ....
A. Berusaha dengan sekeras- kerasnya
B. Menyerahkan pada nasib.
C. Meminta bantuan orang lain.
D. Berusaha seadanya
E. Berusaha sesuai kemampuan dengan target yang jelas.
SOAL 39
Ide- ide yang saya kemukakan dihadapan orang banyak biasanya dianggap sebagai gagasan yang....
A. Umum
B. Jauh ke depan
C. Usang
D. Biasa saja
E. Besar
SOAL 40
Atasan tiba-tiba memberikan tugas kepada saya, padahal saat itu saya sedang mengerjakan pekerjaan lain. Yang harus saya lakukan adalah
A. Menunda tugas tersebut karena deadline- nya masih lama
B. Meninggalkan tugas yang lama dan mengerjakan tugas tersebut.
C. Meminta teman mengerjakan tugas lama, kemudian mengerjakan tugas baru .
D. Meminta teman untuk membantu mengerjakan tugas tersebut.
E. Segera menyelesaikan tugas saya dan kemudian menyelesaikan tugas tersebut.
SOAL 41
Pada saat menghadapi tugas yang berat dan menuntut kemampuan tinggi, maka saya
A. Mengerjakan sebisanya
B. Berusaha mencari penyelesaian yang tidak membutuhkan waktu panjang
C. Berusaha sedikit demi sedikit untuk menyelesaikan walaupun memerlukan waktu panjang.
D. Meminta teman untuk membantu mengerjakan tugas tersebut.
E. Menyuruh teman untuk menyelesaikan tugas baru tersebut.
SOAL 42
Sudah beberapa kali teman meminjam barang saya dan dikembalikan dalam keadaan rusak. Yang harus saya lakukan adalah...
A. Mengabaikannya, karena masalah kecil.
B. Merasa tidak enak untuk menegur.
C. Membiarkan, daripada kehilangan teman
D. Memarahinya
E. Memintanya untuk memperbaikinya
SOAL 43
Telah terjadi kesalahpahaman antara saya dan teman sekantor. Maka saya
A. Mengabaikannya, karena masalah kecil.
B. Tidak peduli
C. Biar saja asal tidak mengganggu pekerjaan.
D. Merasa takut akan kehilangan teman.
E. Berusaha mencari informasi permasalahan yang sebenarnya dan berusaha menyelesaikannya
SOAL 44
Ketika sedang mengerjakan tugas bersama yang harus selesai pada hari itu juga, seorang teman meninggalkan terlebih dulu, maka saya
A. Memaksanya untuk tetap tinggal.
B. Membiarkan saja
C. Membujuknya untuk menyelesaikannya
D. Memintanya untuk mempertimbangkan
E. Meminta pertimbangan teman yang lain
SOAL 45
Dalam menyelesaikan sesuatu biasanya saya menggunakan cara yang ....
A. Biasa saya gunakan dipadu dengan cara orang lain.
B. Sudah menjadi kebiasaan saya
C. Terlintas di pikiran saat itu
D. Biasa digunakan orang lain
E. Baru dan belum banyak yang menggunakan.
SOAL 46
Menurut saya, orang yang kehilangan kesempatan mengembangkan usahanya lebih disebabkan karena ...
A. Bertahan pada cara yang telah ada
B. Berfikir mencoba usaha lain
C. Menunggu bantuan pihak lain
D. Menunda ketika melihat resikonya
E. Mundur begitu melihat resikonya
SOAL 47
Saya berhasil mengatasi tantangan terutama karena saya ...
A. Nasib baik ada di tangan saya
B. Mendapat bantuan dari teman
C. Berani mencoba hal- hal yang tidak beresiko.
D. Berani mencoba dengan segala resiko.
E. Tidak putus asa menghadapi kegagalan
SOAL 48
Ketika memutuskan suatu tindakan yang berakibat buruk pada diri saya, maka saya
A. Menerima penuh segala resikonya
B. Menyesali secara berkepanjangan keputusan tersebut.
C. Menyalahkan orang lain yang membantu.
D. Menerima akibatnya dengan setengah menyesal.
E. Menyayangkan teman yang tidak mengingatkan saya
SOAL 49
Apabila ada teman yang menilai saya jelek, maka saya akan....
A. Sedih
B. Tidak peduli
C. Mawas diri
D. Mencari kejelekan teman tersebut
E. Mendatanginya untuk meminta penjelasan.
SOAL 50
Ketika berhasil dalam tugas, saya akan....
A. Tidak perlu berusaha lagi
B. Tidak peduli lagi untuk berusaha
C. Tidak perlu lagi untuk berusaha
D. Tetap berusaha sekuat tenaga
E. Berusaha sesuai kondisi

1. C 2. E 3. E 4. A 5. E 6. D 7. B 8. A 9. D 10. B 11. E 12. D 13. B 14. A 15. D 16. D 17. D 18. C 19. B 20. A 21. E 22. A 23. B 24. A 25. E 26. A 27. E 28. B 29. A 30. E 31. C 32. B 33. B 34. A 35. D 36. D 37. C 38. E 39. B 40. E 41. B 42. E 43. E 44. D 45. E 46. E 47. E 48. A 49. C 50. D

Post a Comment for "Kumpulan Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) CPNS"